Pengenalan Evaluasi Formasi bagi Calon Geologis UPN

Posted at 2017-11-01 17:25:00 on SEPUTAR KAMPUS by Lucia Yuriko
Dok. Cozer

HMTG “PANGEA” UPN bekerjasama dengan PENGDA IAGI DIY dan SM-IAGI UPN telah mengadakan Technical Workshop Introduction to Formation Evaluation pada Kamis-Jumat, (26-27/10/2017) di Ruang Seminar Geologi UPN.

Acara ini diisi oleh Shofiyuddin Thoha selaku G&G Advisor di Pertamina Hulu Energi WMO. Pengalamannya selama 20 tahun di bidang geologi telah membawanya berpindah dari beberapa jabatan. Ia juga sempat menjadi sebagai ketua tim operasi geologi di Petronas Carigali, Malaysia, hingga 3 tahun lalu menjabat di tempatnya sekarang. Kegiatan hari pertama diisi dengan penjelasan mengenai etika geologis di lapangan dan dilanjutkan diskusi. Sedangkan hari kedua diisi dengan penjelasan mengenai alat logging dan prinsip kerjanya.

Evaluasi formasi digunakan untuk mengetahui kemampuan lubang bor dalam menghasilkan minyak bumi untuk meningkatkan efisiensi dan menekan biaya. Hal ini juga dapat digunakan untuk menganalisis informasi evaluasi pembentukan berkualitas tinggi.

Peserta diajarkan mengenai operasi pengeboran sekilas, pengumpulan dan interpretasi data, pengantar petrofisika, sampel deskripsi dan penjelasan tentang minyak, logging, serta konsep dan interpretasi. Peserta mengaku senang dan mendapat ilmu baru. Diharapkan setelah kegiatan ini, peserta dapat menyebarkan ilmunya ke teman-teman dan mengambah khasanah ilmu pengetahuan. (Lucia Yuriko)

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya