Studi Terbaru Ungkap Alasan Mengapa Kalian Harus Mulai Rutin Push-up dan Sit-up

Posted at 2017-11-07 10:00:00 on PENGEMBANGAN DIRI by Redaksi
Push up termasuk olahraga latihan beban (Shutterstock)

Kalian suka olahraga nggak? Semoga selalu menyempatkan diri ya, khususnya push-up dan sit-up. Karena selain bikin fit dan tetap langsing, push-up dan sit-up bisa membuat kita panjang umur lho. Menurut studi terbaru, kedua latihan tersebut bisa menambah tahun-tahun usia kita. Studi tersebut mempelajari lebih dari 80.000 orang dewasa yang dipimpin oleh University of Sydney.

Studi terbaru yang membandingkan hasil kematian dari berbagai jenis olahraga menemukan orang-orang yang melakukan latihan berbasis kekuatan memiliki 23 persen pengurangan risiko kematian dini dengan cara apapun, dan penurunan 31 persen kematian terkait kanker.

Penulis utama Associate Professor Emmanuel Stamatakis dari Sekolah Kesehatan Masyarakat dan Pusat Perkins Charles mengatakan sementara latihan kekuatan telah mendapat perhatian untuk manfaat fungsional seiring bertambahnya usia, studi minor telah melihat dampaknya terhadap kematian.

“Studi ini menunjukkan latihan yang meningkatkan kekuatan otot mungkin sama pentingnya bagi kesehatan seperti aktivitas aerobik seperti jogging atau bersepeda,” kata Associate Professor Stamatakis. “Dan dengan asumsi temuan kami mencerminkan hubungan sebab dan akibat, mungkin akan latihan otot menjadi lebih penting lagi jika menyangkut risiko kematian akibat kanker.”

Pedoman Aktivitas Fisik Organisasi Kesehatan Dunia untuk orang dewasa merekomendasikan aktivitas aerobik selama 150 menit, ditambah dua hari aktivitas penguatan otot setiap minggunya.

Associate Professor Stamatakis mengatakan pemerintah dan otoritas kesehatan masyarakat telah mengabaikan untuk mempromosikan pedoman berbasis kekuatan di masyarakat, dan karena itu salah mengartikan betapa aktifnya Australia sebagai sebuah bangsa.

Dia mengutip contoh Survei Aktivitas Gizi dan Kesehatan Nasional Australia yang, berdasarkan aktivitas aerobik saja, melaporkan tidak aktif sebesar 53 persen. Namun, ketika pedoman berbasis kekuatan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga diperhitungkan, 85 persen orang Australia gagal memenuhi rekomendasi.

“Sayangnya, kurang dari 19 persen orang dewasa Australia melakukan jumlah latihan berbasis kekuatan yang disarankan,” kata Associate Professor Stamatakis.

“Kita selama ini hanya disuruh untuk selalu aktif, namun penelitian ini mendorong pemikiran tentang kapan latihan diperlukan, memperluas jenis latihan yang direkomendasikan untuk kesehatan dan kesejahteraan jangka panjang.”

Analisis juga menunjukkan latihan yang dilakukan dengan menggunakan berat badan sendiri tanpa peralatan khusus sama efektifnya dengan latihan berbasis gym.

“Ketika orang memikirkan latihan kekuatan, mereka langsung memikirkan untuk melakukan angkat beban di gym, tapi tak harus selalu begitu.”

“Banyak orang diintimidasi oleh gym, biaya atau budaya yang menyertainya, jadi sangat bagus untuk mengetahui bahwa setiap orang dapat melakukan latihan klasik seperti triceps-dips, sit-up, push-up atau lunges di rumah atau halaman mereka sendiri dan berpotensi memperoleh manfaat kesehatan yang sama.”

Penelitian yang dipublikasikan di American Journal of Epidemiology hari ini, didasarkan pada sampel populasi gabungan dari 80.306 orang dewasa dengan data yang diambil dari Survei Kesehatan untuk Survei Kesehatan Inggris dan Skotlandia, yang terkait dengan NHS Central Mortality Register.

Penelitian ini bersifat observasional, namun penyesuaian dilakukan untuk mengurangi pengaruh faktor lain seperti usia, jenis kelamin, status kesehatan, perilaku gaya hidup dan tingkat pendidikan. Semua peserta dengan penyakit kardiovaskular atau kanker pada awal dan mereka yang meninggal dalam dua tahun pertama masa tindak lanjut dikeluarkan dari penelitian ini untuk mengurangi kemungkinan hasil tak akurat, karena mereka yang punya penyakit itu sebelumnya kurang berolahraga.

Manfaat Latihan Otot Seperti Push-up dan Sit-up

Sit up bisa memperpanjang umur (Shutterstock)

Latihan push-up dan sit-up bisa meningkatkan kekuatan, yang dikaitkan dengan penurunan 23 persen semua penyebab kematian dan penurunan angka kematian kanker sebesar 31 persen.

Latihan dengan berat badan sendiri yang bisa dilakukan dalam setting apapun tanpa peralatan menghasilkan hasil yang sebanding dengan aktivitas berbasis gym.

Ketaatan pada pedoman latihan penguat kekuatan dari WHO telah dikaitkan dengan penurunan risiko kematian terkait kanker, namun kepatuhan terhadap pedoman aktivitas fisik aerobik dari WHO saja tidak memberi hasil yang sama.

Ketaatan terhadap latihan peningkatan kekuatan dari WHO jika digabungkan dengan latihan aerobik dikaitkan dengan potensi penurunan kematian yang lebih besar daripada aktivitas fisik aerobik saja.

Tidak ada bukti adanya hubungan antara latihan peningkatan kekuatan dan kematian akibat penyakit kardiovaskular.


Sumber : Science Daily

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya