Dunia yang Hilang: Mengungkap Rahasia Besar Kepunahan Mamalia di Karibia

Posted at 2017-11-10 13:19:00 on TECH SAINS by Redaksi

Meski penuh dengan kehidupan tropis saat ini, kepulauan Karibia telah menjadi titik kepunahan mamalia terbesar sejak akhir glasiasi terakhir, sekitar 12.000 tahun yang lalu. Karena manusia juga tiba setelah waktu itu, sulit untuk menentukan apakah perubahan alami atau pengaruh manusia yang menjadi penyebab kepunahan ini.

Sebuah tinjauan baru oleh tim ilmuwan internasional, termasuk Profesor Universitas Stony Brook Liliana M. Dávalos, melaporkan sebuah analisis tentang "fosil dunia" yang sangat beragam dari Kepulauan Karibia yang mencakup hewan pengerat raksasa, kelelawar vampir, monyet misterius, sloth, shrews dan lusinan mamalia purba lainnya.

Artikel tersebut, yang diterbitkan pada 6 November di Annual Review of Ecology, Evolution, and Systematics, mengungkapkan bahwa kedatangan manusia dan aktivitas mereka selanjutnya ke seluruh kepulauan kemungkinan merupakan penyebab utama kepunahan spesies mamalia asli di sana.

Kepulauan Karibia bukan satu-satunya wilayah yang kehilangan banyak spesies mamalia; Banyak mamalia besar mulai dari kukang tanah sampai mastodon (kerabat dekat gajah modern) juga lenyap dari benua Amerika Utara. Seiring perubahan dramatis dan alami di lingkungan dan kedatangan orang-orang ke benua tersebut kira-kira bersamaan pada waktunya, sebuah debat ilmiah tentang apa yang menyebabkan kematian fauna ini terus dilakukan. Karena orang-orang sampai ke kepulauan tersebut lama setelah akhir glasiasi—yang dimulai sekitar 6.000 tahun yang lalu—kepulauan Karibia menyediakan laboratorium yang ideal untuk menemukan penyebab kerugian ini.

Dalam peninjauan tersebut, para ilmuwan melaporkan analisis kumpulan data radiokarbon paling komprehensif dari mamalia Karibia dan pendatang manusia di Karibia, yang mewakili 57 kepunahan dan pemusnahan (saat populasi menghilang dari pulau) spesies asli. Sementara data yang tersebar sendiri tidak ternilai harganya, titik data yang terpisah sulit untuk ditafsirkan, karena metode yang berbeda yang digunakan di berbagai tempat dapat mengaburkan pola yang lebih besar. Jadi, tim peneliti memperkenalkan kronologi yang dikembangkan dengan mengumpulkan tanggal fosil yang terbentuk yang dilaporkan dalam lusinan makalah yang telah dipublikasikan dan diulas rekan sejawat dalam berbagai jurnal ilmiah.

Boca Ascension - Pemandangan di sekitar pulau Curacao di Karibia (Shutterstock)

“Dengan menggunakan model untuk memperkirakan waktu tumpang tindih antara manusia dan mamalia yang punah di setiap pulau, kami dapat menunjukkan kepunahan mamalia yang terjadi setelah kedatangan manusia di berbagai pulau di Karibia, dan tidak sebelumnya,” jelas Dávalos, yang memimpin analisis kuantitatif penelitian ini.

Sementara tumpang tindih antara manusia dan fauna bukanlah bukti yang menunjukkan manusia menjadi penyebab kepunahan di wilayah ini, ini adalah langkah penting untuk menentukan mengapa mamalia ini punah. Dengan mengumpulkan data dari banyak artikel jurnal dan laporan situs arkeologi, tim tersebut menyimpulkan bahwa waktu kepunahan menunjukkan bahwa manusia mungkin terlibat dalam kepunahan lebih dari 60 persen dari hampir 150 spesies mamalia asli.

Beberapa gelombang kedatangan manusia di Karibia terjadi selama enam sampai tujuh ribu tahun terakhir. Pemukim pertama, orang Amerindian dari Amerika Selatan atau Tengah yang dikenal sebagai budaya Lithic, diikuti oleh dua kedatangan lainnya—Archaic and Ceramic, keduanya dari Amerika Selatan.

Para penulis menunjukkan bahwa setelah gelombang awal kedatangan manusia, kepunahan mamalia mulai terjadi, mungkin pertama kali disebabkan oleh perburuan dan kemudian oleh penebangan hutan untuk pertanian, yang mengurangi habitat mamalia asli. Gelombang terakhir migrasi manusia, kali ini dari seberang Atlantik, membawa serta kucing, tikus, kambing, luwak, dan mamalia lain yang merupakan hewan pendatang.

Perubahan habitat dan persaingan dan predasi selanjutnya, mengakibatkan kepunahan sekitar selusin populasi di pulau-pulau kecil di Lesser Antilles. Predator dan pesaing ini dapat mempengaruhi populasi mamalia Karibia yang bertahan dari gelombang kepunahan sebelumnya.

“Sementara artikel ini adalah hasil dari kolaborasi ilmuwan yang penting—dengan setiap penulis berperan sesuai keahlian mereka untuk memecahkan teka-teki kepunahan mamalia—menyelamatkan komunitas mamalia saat ini membutuhkan kelompok profesional yang jauh lebih luas, terutama pada masing-masing pulau, itulah sebabnya kami membentuk tim yang lebih besar,” tambahnya.

Tim Dávalos sekarang bekerja untuk menggabungkan tim kolega interdisipliner yang lebih besar untuk membuat rencana pengelolaan konservasi intensif yang menggabungkan keahlian peneliti konservasi, ahli biologi, ekologi, pembuat kebijakan, pendidik, dan pakar pengelolaan lahan dan satwa liar untuk menyelamatkan mamalia asli Karibia yang terakhir.

“Dalam memeriksa data dari penggalian paleontologis dan laporan arkeologi, bukti tersebut menyoroti kebutuhan akan intervensi manusia yang mendesak untuk melindungi spesies mamalia asli yang masih tinggal di wilayah tersebut, dan itulah sebabnya mengapa kita berkumpul bersama ilmuwan dari seluruh Karibia,” tutup Dávalos.

KOMENTAR