Kuda Bisa Membaca Bahasa Tubuh, Walaupun Mereka Tak Familiar dengan Kita

Posted at 2017-11-10 16:00:00 on TECH SAINS by Redaksi
Fotob : Shutterstock-Land Fox

Kuda dapat membedakan antara postur tubuh yang dominan dan tunduk pada manusia, bahkan ketika manusia tidak terbiasa dengan mereka, menurut sebuah studi yang dipimpin oleh Universitas Sussex.

Temuan ini meningkatkan pemahaman kita tentang bagaimana hewan dapat berkomunikasi menggunakan postur tubuh melintasi penghalang spesies, dan secara khusus membantu menginformasikan pawang kuda dan pelatih tentang cara kuda memandang bahasa tubuh manusia.

Peneliti psikologi bekerja dengan 30 kuda domestik untuk melihat apakah mereka lebih cenderung mendekati seseorang yang menunjukkan postur tubuh yang dominan (melibatkan orang yang berdiri tegak, dengan lengan dan kaki terpisah dan dada melebar), atau postur tunduk (membungkuk, menahan lengan dan kaki dekat dengan tubuh, santai berlutut).

Mereka menemukan bahwa meskipun kuda telah diberi penghargaan makanan yang sebelumnya oleh setiap orang ketika berada dalam postur tubuh yang netral, mereka secara signifikan lebih cenderung mendekati individu yang menunjukkan sikap tunduk dan bukan postur dominan dalam uji coba lanjutan.

Penulis utama studi ini, mahasiswa doktoral psikologi, Amy Smith, mengatakan: “Kuda sering dianggap pandai membaca bahasa tubuh manusia berdasarkan bukti anekdot seperti ‘efek Clever Hans.’ Namun, penelitian kecil telah menguji secara empiris ini. Hasil ini menimbulkan pertanyaan menarik tentang fleksibilitas komunikasi lintas spesies.”

Dr Leanne Proops, rekan penulis dari Universitas Portsmouth mengatakan: “Secara evolusioner, hewan—termasuk manusia—cenderung menggunakan postur tubuh yang lebih besar untuk menunjukkan dominasi, atau ancaman, dan postur tubuh yang lebih kecil untuk menunjukkan ketaatan. Kuda mungkin memiliki pemahaman naluriah postur vs yang lebih besar.”

Tahun lalu Amy, yang merupakan bagian dari Kelompok Penelitian Komunikasi dan Kognitif Mamalia di Sekolah Psikologi di Universitas Sussex, memimpin sebuah penelitian yang menemukan bahwa kuda-kuda dapat membedakan antara ekspresi wajah orang yang marah dan bahagia.

Clara Wilson, yang turut menulis makalah ini saat menjadi sarjana di University of Sussex, mengatakan: “Kami tertarik pada postur yang dominan dan tunduk dengan kuda khususnya karena, walaupun banyak pelatih menggunakan postur sebagai isyarat pelatihan, sedikit penelitian telah menyelidiki apakah kuda akan peka terhadap isyarat ini tanpa pelatihan khusus.”

“Hasil seperti ini mendorong kita untuk lebih sadar akan sinyal yang kita tunjukkan saat berinteraksi dengan kuda dan hewan lainnya untuk memfasilitasi hubungan manusia-manusia yang mulus.”

Para periset merekrut kuda di tiga pusat berkuda di Suffolk dan East Sussex, Inggris. Semua pawangnya adalah wanita, berpakaian serupa dan ukurannya sama. Semua memakai penghangat leher berwarna gelap untuk menutupi wajah mereka sampai ke bawah mata untuk meminimalkan isyarat ekspresi wajah.

Kuda-kuda, yang sebelumnya diberi makan oleh dua orang, diberi pilihan bebas untuk mendekati orang yang menampilkan postur tubuh yang dominan atau postif. Selama empat percobaan, mereka menemukan bahwa kuda menunjukkan preferensi untuk mendekati orang yang menampilkan postur tubuh yang tunduk, alih-alih memiliki preferensi memilih pawang atau sisi tempat tertentui

Studi terbaru ini dipublikasikan dalam Animal Cognition.


Sumber : Sciencedaily.com

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya