Sarang Madu Lebah Bisa Dimakan dan Lezat! Berikut Segudang Manfaatnya

Posted at 2017-11-10 18:00:00 on ARTIKEL by Redaksi
Potongan sarang madu (Shutterstock)

Lebah madu menghasilkan sarang madu (honeycomb) di sarangnya. Sarang madu terdiri dari lilin lebah, dengan struktur berupa sel berbentuk segi enam yang digunakan untuk menyimpan madu. Lilin yang membentuk sarang madu mengandung asam lemak rantai panjang, bersama dengan alkohol rantai panjang, atau ester. Madu yang disimpan di dalam sarang madu adalah bentuk paling murni dan paling sederhana dari madu, dan lilin sarang lebah terbuat dari zat penuh gizi dan manfaat kesehatan.

Menurunkan Kolesterol Jahat

Asam lemak yang ditemukan pada ikan memberikan manfaat kesehatan jantung, begitu juga lemak rantai panjang dan alkohol dalam sarang lebah. Alkohol berlemak yang dihasilkan sarang madu tampaknya secara signifikan menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik, demikian menurut sebuah ulasan yang diterbitkan dalam jurnal Experimental Biology and Medicine edisi Maret 2004. Pada manusia, data klinis dalam satu penelitian menunjukkan asam lemak sarang madu dan alkoholnya menurunkan low-density lipoprotein antara 21 sampai 29 persen.

Melindungi Hati

Roti panggang dengan sarang madu (Exploregram)_1

Alkohol yang ditemukan di sarang lebah tampaknya memiliki efek antioksidan yang membantu melindungi hati kita. Untuk mengujinya, peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan campuran alkohol beeswax untuk mengevaluasi keamanan dan efektivitas pada orang dengan gangguan lemak yang menempel di hati. Peserta meminum campuran beeswax alcohol selama 24 minggu, dan pada akhir penelitian, peneliti menemukan bahwa hal itu membantu menormalkan fungsi hati dan memperbaiki gejala hati berlemak. Penelitian ini diterbitkan dalam terbitan Korean Journal of Internal Medicine edisi Juli 2013.

Metabolisme Glukosa

Glukosa sangat penting bagi kesehatan kita, karena tubuh kita, terutama otak, bergantung padanya untuk energi. Dan tampaknya alkohol lilin yang ditemukan di sarang lebah meningkatkan metabolisme glukosa yang sehat. Dalam studi mengenai hati berlemak, alkohol lilin di sarang madu secara signifikan mengurangi kadar insulin dan penanda untuk resistensi insulin pada peserta. Resistensi insulin dapat menyebabkan diabetes tipe-2 dan masalah lainnya.

Tapi Jangan Berlebihan!

Karena sarang madu enak, kita bisa saja memakannya secara berlebihan. Ikuti aturan makan produk sarang madu, atau berkonsultasilah dengan ahli gizi. Mengkonsumsi sejumlah besar sarang madu dapat menyebabkan penyumbatan saluran pencernaan, yang berpotensi mengancam nyawa. The Cases Journal melaporkan seorang wanita tiba di rumah sakit dengan penyumbatan perut karena memakan sarang madu dalam jumlah besar selama dua bulan. Dia pikir makan dalam jumlah besar akan meningkatkan manfaat kesehatan. Sebagai gantinya, sarang lebah terakumulasi di saluran cerna dan membentuk massa besar yang memerlukan pembedahan untuk diangkat. Laporan kasus diterbitkan pada edisi Mei 2009.

Jika kalian ingin makan sarang madu, bisa juga dikunyah seperti permen karet, lalu dibuang ampasnya saat sudah keras untuk menghindari penumpukan di pencernaan. Tapi sarang madu pada umumnya aman untuk dimakan dan ditelan.

Bagaimana Cara Memakan Sarang Madu?

Potongan sarang madu (Shutterstock)

Bagi para pemakan sarang madu pemula, selain dimakan begitu saja, ada beberapa cara makan sarang madu direkomendasikan:

Dicampur dengan roti atau English muffin. Setelah roti dipanggang, olesi dengan mentega ringan. Dengan pisau, potong sedikit sarang madu dan sebarkan di atas roti panggang. Kalian mungkin harus menumbuknya sedikit, tapi panasnya akan melunakkan sarang madu, sehingga rata ke atas roti bakar. Sarang madu tidak meleleh, tapi menjadi lembut dan aromatik. Sarang madu juga bisa dimakan bersama biskuit panas, roti panggang Perancis, atau pancake.

Restoran kelas atas sering menyajikan sarang madu di tengah piring yang dikelilingi oleh pilihan keju mahal dan kerupuk multi-butir. Idenya di sini adalah melapisi cracker dengan sepotong keju dan mengolesinya dengan sarang madu. Cara makan ini paling enak menggunakan keju cheddar atau brie, tapi keju apapun juga enak.


Sumber : LiveStrong, Quora, HoneyBeeSuite

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya