Pesawat Canggih Produksi Dalam Negeri Dinamai Pada Hari Pahlawan Nasional

Posted at 2017-11-10 18:00:00 on TECH SAINS by Redaksi
Kebanggaan bangsa, Pesawat N-219 berteknologi maju, dibuat oleh PTDI dan LAPAN, menjalani uji terbang 16 Agustus. (Jakarta Post-Arya Dipa)

Pesawat N-219 berteknologi tinggi, yang diproduksi bersama oleh produsen pesawat terbang negara PT Dirgantara Indonesia (PTDI) dan Institut Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), akan diberi nama segera.

Direktur produksi PTDI Arie Wibowo mengatakan, Presiden Joko "Jokowi" Widodo dijadwalkan untuk menamai pesawat tersebut dalam perayaan Hari Pahlawan Nasional di Pangkalan Angkatan Udara Halim Perdanakusuma di Jakarta pada hari Jumat (10/11).

“Kami telah mengadakan latihan untuk upacara penamaan,” kata Arie dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis (9/10).

Menurut laporan Jakarta Post, pada persiapan untuk upacara tersebut, N-219 melakukan penerbangan uji ketujuh dari Bandara Husein Sastranegara di Bandung ke Jakarta pada hari Rabu. Penerbangan tersebut diujicobakan oleh Kapten Esther Gayatri Saleh.

Pemeriksaan sistem navigasi dilakukan setelah uji terbang keenam pada 6 November lalu.

“Kami melakukannya untuk memastikan bahwa semua sistem avionik, komunikasi dan navigasi serta instrumen lainnya di pesawat terbang berfungsi,” kata manajer hubungan masyarakat dan hubungan masyarakat PTDI Irlan Budiman.

PTDI berharap agar pesawat tersebut bisa mendapatkan sertifikat jenis dari Kementerian Perhubungan tahun depan dan setelah itu sertifikat produksi. “Pesawat N-219 pertama akan siap memasuki pasar pada 2019,” kata Irlan.

Pesawat berhasil melakukan penerbangan pertamanya pada 16 Agustus.


Sumber : Jakarta Post

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya