Ingin kerja di perusahaan BUMN? Persiapkan dirimu untuk seleksinya!

Posted at 2017-11-15 10:00:00 on PENGEMBANGAN DIRI by Yudi Kobo

Bekerja di perusahaan besar yang sistemnya sudah dikenal berkualitas tentu jadi mimpi banyak orang, termasuk saya. Salah satu golongan yang punya kriteria ini adalah perusahaan BUMN. Kalau kamu belum tahu, perusahaan BUMN adalah Badan Usaha Milik Negara yang kantornya tersebar di berbagai lokasi di Indonesia. Lalu, kenapa sih, banyak orang ingin kerja di perusahaan BUMN?

Fasilitas dan jaminan seperti asuransi serta tunjangan gaji adalah dua dari banyak hal yang membuat perusahaan BUMN digandrungi para pencari kerja di Indonesia. Terlebih lagi, kerja di perusahaan BUMN memberikan kebanggaan tersendiri karena prestige-nya yang tinggi. Tapi, ternyata kebanggaan itu tidak datang tanpa perjuangan dan pengorbanan. Ada beberapa hal yang perlu kamu siapkan dengan matang supaya usaha kamu bekerja di perusahaan BUMN bisa terus melaju mulus sampai diterima. Apa saja yang bisa kamu persiapkan menuju pekerjaan di perusahaan BUMN?

Siapkan dokumen lengkap dan sesuai permintaan

Tahapan seleksi paling awal adalah mengumpulkan dokumen, baik dalam bentuk soft copy ataupun hard copy. Perusahaan BUMN juga tidak kalah canggih dengan perusahaan swasta atau startup—sistem pendaftaran awal kini sudah digital. Setiap perusahaan BUMN punya website yang dikelola dengan baik dan memperbarui berita lowongan secara berkala.

Kamu harus siap dengan semua dokumen yang diminta untuk diunggah, 1 dokumen saja tidak lengkap maka aplikasimu hampir dipastikan tidak berlanjut. Selain itu, cek lagi kualitas hasil scan atau foto yang kamu unggah, panitia seleksi tentu tidak punya waktu lebih untuk memerhatikan satu per satu jika memang ada yang tidak sesuai. Belajar untuk rapi dan peduli dengan detail sejak dini ternyata penting, bukan?

Sepanjang proses seleksi di perusahaan BUMN, jadilah diri sendiri

Beberapa teman dan saudara saya yang bekerja di BUMN seringkali bingung jika ditanya tips bisa lolos dan bertahan lama kerja di perusahaan BUMN. Tapi satu hal yang selalu diceritakan oleh mereka, jadilah diri sendiri. Pasalnya, ketika kamu masuk ke lingkungan perusahaan BUMN, karakter diri yang paling jujur akan mudah terlihat oleh tim seleksi atau atasanmu. Semakin kamu menutupi dan tidak jadi diri sendiri, akan sulit bagi tim penyeleksi untuk yakin dengan kemampuan yang kamu punya.

Siapkan sertifikat tes bahasa

Melamar di perusahaan BUMN bukan berarti tidak membutuhkan keahlian bahasa Inggris. Alangkah lebih baik kalau kamu sudah membekali diri dengan sertifikat TOEFL atau IELTS. Standar skor TOEFL antara 450-500, tapi akan lebih baik kalau kamu bisa mencapai lebih dari 500 supaya lebih yakin dan percaya diri tentunya ketika berhadapan dengan kandidat lain. Sementara untuk IELTS, skor 6-7.5 biasanya sudah cukup sebagai modal bahasa. Kedua jenis tes ini memakan waktu untuk mendapat sertifikatnya, yaitu sekitar 1-2 minggu, jadi persiapan kamu untuk melamar ke perusahaan BUMN harus disiapkan jauh hari supaya tidak ada yang terlewat.

Perusahaan BUMN bukan hanya satu, cerdas lah memilih!

Perusahaan BUMN sebenarnya cukup banyak, bisa jadi sebagian belum pernah kamu cari tahu atau dengar sebelumnya. Begitu juga divisi atau departemen yang ada di dalamnya, beragam dan punya fungsinya masing-masing. Jika kamu tahu ada salah satu perusahaan BUMN yang tidak terlalu favorit membuka lowongan untuk latar belakang jurusanmu, tidak ada salahnya mencoba. Jangan terlalu kaku dengan pilihan karena bisa jadi kamu punya kesempatan di perusahaan BUMN lainnya. Beberapa perusahaan BUMN yang juga berkualitas dan berpotensi menyejahterakan para pegawainya di antaranya, PT PELINDO (Pelabuhan Indonesia II), PT Aneka Tambang (ANTAM), PT Angkasa Pura I, dan PT Asuransi Jiwasraya.

Ini dia 5 BUMN unggulan yang selalu ramai peminat dan karena kualitas dan benefit yang ditawarkannya.

1. Garuda Indonesia
Setiap mendengar Garuda Indonesia tentu yang terbayang di pikiranmu adalah pramugari tinggi semampai dengan fasilitas dalam pesawat yang terbaik. Faktanya, Garuda Indonesia bukan maskapai penerbangan swasta Garuda Indonesia sendiri termasuk dalam perusahaan BUMN di bidang transportasi.

Kantor manajemen Garuda Indonesia ada di bandara Soekarno Hatta, sementara kantor penjualan mereka tersebar di beberapa titik di berbagai kota. Jika kamu melihat lowongan resmi dan punya kesempatan untuk mengikuti, perusahaan BUMN ini layak untuk dicoba.


2. PT Wijaya Karya (WIKA)
Bergerak di bidang infrastruktur, WIKA adalah salah satu perusahaan BUMN yang paling diminati lulusan Teknik dari Sabang sampai Merauke. Sepanjang pemerintah masih terus melakukan pembangunan, tentu perusahaan BUMN yang kantor pusatnya terletak di kawasan Cawang ini akan terus berkembang. Seleksi masuk WIKA juga melewati proses panjang selayaknya perusahaan BUMN lain.


3. PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (TELKOM)
Berdiri sejak tahun 1965, sebagai perusahaan BUMN di bidang telekomunikasi membuat Telkom sudah dikenal berbagai kalangan. Hingga sekarang, Telkom sudah menaungi 15.000 pekerja yang tersebar di seluruh Indonesia. Kamu juga tentu sudah pernah dengar Telkom University atau dulu dikenal dengan STT Telkom di kota Bandung, kampus ini merupakan salah satu universitas korporat yang semakin sukses mencetak penerus Telkom.

Selain bersaing dengan alumni Telkom University, kamu juga harus dibekali dengan skill teknologi yang siap pakai karena perkembangan sektor usaha Telkom yang kian meluas.


4. PT Perusahaan Listrik Negara (PLN)
Bulan Juli lalu ramai diinfokan kalau PLN membuka lowongan buat lulusan SMA/SMK. Tentu hal ini bisa dilakukan karena sebagai perusahaan BUMN yang mengelola listrik negara dibutuhkan banyak SDM yang sudah bisa terjun langsung ke lapangan. Buat fresh graduate, seleksi masuk PLN juga tidak mudah, pun prosesnya panjang. Kamu bisa menemukan tim seleksi PLN di acara jobfair kampus-kampus besar seperti ITB.


5. Bank Mandiri
Namanya juga perusahaan BUMN, keuntungan dari sistem kerja yang sudah jauh lebih jelas dibanding perusahaan swasta tentu akan kamu dapat. Mandiri adalah salah satu bank yang termasuk kelompok perusahaan BUMN papan atas. Sekarang, terjawab sudah pertanyaan kamu yang merasa sulit masuk ke Mandiri, karena pesaingnya ribuan dan proses seleksinya juga panjang. ODP Mandiri adalah salah satu program kerja favorit yang banyak dicoba para fresh graduate untuk bisa menjadi bagian dari Bank Mandiri.

Sambil menunggu dibukanya lowongan kerja di perusahaan-perusahaan BUMN, tidak ada salahnya mencari kursus untuk meningkatkan skill-mu ketika bekerja nantinya. Dengan begitu, saat melamar kerja ke perusahaan-perusahaan tersebut, kamu punya banyak nilai tambah dibandingkan pelamar lain.


KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya