PEKSIMINAS, Wujud Apresiasi Mahasiswa Terhadap Seni

Posted at 2016-10-13 10:00:00 on SEPUTAR KAMPUS by Redaksi
Suasana pembukaan PEKSIMINAS XII di Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari (Foto: unmul.ac.id)

Pekan Seni Mahasiswa Nasional (PEKSIMINAS) XIII berlangsung di Universitas Halu Oleo (UHO). Ajang ini dibuka oleh Direktur Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Dr. H. Didin Wahidin, M.Pd di Stadion Mini UHO, Kendari, Sulawesi Tenggara, Rabu, 12 Oktober 2016.

PEKSIMINAS merupakan kompetisi di bidang seni bagi mahasiswa Indonesia yang diselenggarakan oleh Ditjen Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa), Kemenristekdikti, bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan praktik mahasiwa dalam menumbuhkan apresiasi terhadap seni, baik seni suara, seni pertunjukan, penulisan sastra, seni rupa, dan lain-lain. Ajang ini diselenggarakan kali pertama pada tahun 1991 di Surakarta, Jawa Tengah.

PEKSIMINIAS XIII tahun 2016 ini, diikuti oleh perwakilan 31 dari 34 BPSMI seluruh Indonesia. Dan berlangsung pada 11-14 Oktober 2016. Sebanyak 15 tangkai yang dilombakan terdiri dari Group Tari, Baca Puisi, Monolog, Vocal Group, Nyanyi Tunggal Pop Putra/Putri, Nyanyi Tunggal Dangdut Putra/Putri, Nyanyi Tunggal Keroncong Putra/Putri, Nyanyi Tunggal Seriosa Putra/Putri, Penulisan Puisi, Penulisan Cerpen, Penulisan Lakon, Melukis, Desain Poster, Komik Strip, Fotografi, dan Group Band. Di hari keempat (Sabtu, 15/10/2016) akan diisi dengan seminar budaya dan pameran karya lomba.


Sumber : belmawa.ristekdikti.go.id

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya