Dalil - dalil Geologi Lapangan

Posted at 2017-11-25 08:00:00 on ARTIKEL by Yudi Kobo
Perayaan ultah Pangea Cruiser pada saat BPH dipegang oleh Krajan dan Indrakila.

Berapa banyak geosaintist yang ke lapangan tapi tidak mendapatkan apapun juga kecuali kepanasan dan basah-basah saja.

Mereka tidak menyeket morfologi dan singkapan dan tidak membagi-baginya dalam satuan2 struktur dan stratigrafi untuk pemahaman.

Mereka tidak menggambarkan geometri tubuh batuan dr kejauhan, menganalisa hubungan visual antar satuan, vertikal maupun horisontal.

Mereka tidak menyentuh, memegang, maupun merasakan perbedaan tekstur batuan, apalagi mencuilnya untuk diperiksa dibawah loupe maupun diuji kadar lempung/pasirnya dg gigi ataupun kadar karbonatnya dg asam khlorida lemah.


( Shear zone pada metapellit Kenampakan yg sgt khas dari metapellit Hingga fisik nya seperti scalyclay Loc. Pendul, Bayat. Foto : @yuliankurnia)


Mereka tidak mencoba cari tahu mineral-mineral apa saja yg membentuk batuan, fossil-fossil apa yg terbenam, dan jejak2 kehidupan apa saja yg terekam; apalagi memperkirakan berapa dan bagaimana karakter kelulusan dan kesarangan.

Tapi mereka lebih sibuk selfie dan mengupload gambar yg menyatakan bahwa mereka telah hadir di lapangan.

Dan yang agak serius mulai buka peta dan kertas2 untuk menggambarkan teori2 regional ttg geologi dan jargon2 indah berbagai istilah: yg hal spt itu bisa saja mereka lakukan di kantor, di tempat kerja lainnya, tp bukan di lapangan.

Sementara batuan tempat mereka berpijak, tak secuilpun mereka bicarakan; dinding2 singkapan tak sebidangpun mereka ungkapkan.

Sementara riak gelombang, arus sungai, dan gerak rancak pasir-pasir di dasar pengendapan danau, pantai maupun estuaria tidak sekalipun mereka perhatikan apalagi dicatat untuk pembelajaran.

Hai orang-orang yg mengerjakan interpretasi geologi untuk mengekstraksi sumberdaya kebumian, diwajibkan atas kamu pergi ke lapangan sebagaimana diwajibkan atas geologist-geologist sebelum kamu agar kamu tidak hanya mengkhayal dan berilusi saja dengan interpretasi bawah permukaan - yg menyebabkan makin kurang berhasilnya daya upaya kamu mengekstraksi sumberdaya bumi untuk kemaslahatan.

Sesungguhnya tidak akan berubah nasib suatu bangsa yang geologist-geologist-nya enggan belajar langsung dr buminya sendiri, kecuali mereka mulai menyadari untuk rutin pergi ke lapangan dan benar-benar belajar untuk memahami.


Oleh : ADB - Geologist Merdeka

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya