Kiat Membangun Usaha Sukses dengan Semangat Patriotisme

Posted at 2018-01-06 09:35:26 on SEPUTAR KAMPUS by Lucia Yuriko
Dok. Cozer

Entrepreneurship atau wirausaha kini banyak menarik minat anak muda. Kerja yang bebas dan prospek laba yang besar ditambah kemungkinan terkenal mungkin jadi pacuan anak muda. Lihat saja Awkarin dengan A Team Management nya, cake artis kekinian, usaha fashion para selebgram, start up, dan masih banyak lagi. Tapi apakah usaha kita didasari dengan semangat patriotisme dan bela negara? Dan apa rahasia agar menjadi wirausahawan sukses? Hal ini dibahas dalam seminar “Entrepreneurship & Patriotism untuk Indonesia Cemerlang” dari jurusan Administrasi Bisnis, Kamis (21/12/2017) di Ruang Seminar FISIP.

Kunci utama menjadi wirausahawan sukses menurut Abby Ahmad S (Chairman of Global Connexion) yaitu NAME (Network, Attitude, Mastering, Expert). Network horizontal dengan sesama serta vertikal kepada Tuhan YME itu penting. Mastering merupakan pengetahuan dan skill yang kuat. Serta expert yaitu keahlian yang didapat melalui pengalaman.

Konsep bisnis yang cocok dengan jaman sekarang dirumuskan Abby dengan LIMAMU (Murah, mudah, mutakhir, mutu terjaga, dan multi manfaat). ”Murah berbeda dengan murahan. Murah yang dimaksud disini adalah manfaat dan nilai yang didapat konsumen lebih besar dari investasi yang ia dikeluarkan,” terang Abby yang didampingi sang istri.

Kiat Membangun Usaha Sukses dengan Semangat Patriotisme

Syarat terpenting yang harus dilakukan calon wirausahawan yaitu START NOW. “Mulailah dari yang ada. Plan, Do, Check, Action. Jangan terlalu lama merancang usaha yang perfect. Rasa takut itu hanya bayangan,” tegasnya.

Lalu bagaimana membangun bisnis yang sesuai dengan nilai-nilai bangsa? Hal ini dibahas oleh H. Lukmono Hadim, dosen UPN. “Belajarlah etika bisnis. Contohnya tidak menipu, menjaga lingkungan, membayar pajak, tidak merugikan negara, tidak korupsi, dan masih banyak lagi. Itulah wujud mencintai negara,”  ujarnya. (Lucia Yuriko)

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya