Zola dan Tia, Habiskan Liburan Jadi Guru di Thailand

Posted at 2018-02-12 10:00:00 on SEPUTAR KAMPUS by Lucia Yuriko

Libur semester selama satu bulan diisi dengan berbagai cara oleh mahasiswa. Zola dan Tia - mahasiswi semester 2 HI UPN - memilih untuk mengisi liburan dengan kegiatan volunteer. Setelah melalui tahapan panjang, mereka kemudian berangkat mengikuti Global Volunteer AIESEC di program Sawasdee #26 sebagai English Teacher di Thailand.

Zola_dan_Tia,_Habiskan_Liburan_Jadi_Guru_di_Thailand_2[1]

Selama 6 minggu, yaitu dari 21 Desember 2017 – 3 Februari 2018, Zola dan Tia mengajar anak-anak yang hidup di rural area Thailand, tepatnya di Ban Kukot School. Tantangan demi tantangan berani mereka hadapi. Hidup di negara lain dan tanpa sanak saudara agaknya cukup berat di awal. “Susah mencari tranportasi kalau nggak tahu rute dan nggak bisa nawar. Apalagi bukan di daerah Bangkok, jadi rata-rata supirnya nggak bisa bahasa inggris,” ujar Zola. Selain transportasi, diakui Zola dan Tia, agak susah untuk mencari makanan halal dan yang sesuai dengan lidah Indonesia.

Zola_dan_Tia,_Habiskan_Liburan_Jadi_Guru_di_Thailand_3[1]

Setelah beberapa hari beradaptasi tinggal di provinsi Ayuthayya, nyatanya mereka mengaku senang bisa berpartisipasi membantu anak-anak agar lebih mengenal bahasa Inggris. “Aku berusaha membuat suasana kelas lebih menarik. Pertama kita cari dulu kesukaan mereka biar tertarik dengan kita. Namun bagian paling susahnya adalah membuat mereka tenang di kelas, karena aktif banget,” tambah gadis bernama lengkap Aldwizolartgy Rizki Legowo ini.

Zola_dan_Tia,_Habiskan_Liburan_Jadi_Guru_di_Thailand_4[1]

Selain mengajar, biasanya sepulang sekolah Zola dan Tia akan berkeliling bersama murid-murid dan berwisata dikala weekend. Sehari-hari mereka tinggal di Host Family/Keluarga asuh yang juga merupakan guru di sekolah. “Melalui ini aku belajar hidup dalam keberagaman, menghargai budaya, dan mengasah softskill. Pokoknya nggak rugi,” tutup Tia.

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya