Bidang Kemahasiswaan UPNVY Fokus 3 Program Baru

Posted at 2018-02-27 17:48:00 on SEPUTAR KAMPUS by Lucia Yuriko
Dok. Cozer

Tahun 2018 kali ini menandakan 60 tahun sudah UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) berdiri sebagai salah satu kampus andalan di Indonesia. Selain itu, tahun ini juga menandakan tahun ke-4 UPNVY beralih menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Menyambut momen penting ini, UPNVY berkomitmen untuk menjadi lebih baik terutama dalam memberikan pelayanan kepada mahasiswa.

Rektor sebagai pimpinan tertinggi universitas berupaya menjaga dan meningkatkan kualitias kampus, didukung oleh wakil rektor yang membawahi 3 bidang. Salah satu bidang yang erat kaitannya dengan mahasiswa adalah bidang 3: kemahasiswaan dan kerjasama, yang dipimpin oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Ir. Singgih Saptono, M.T. Beliau menuturkan beberapa komitmen UPNVY yang bertujuan untuk memajukan mahasiswa. Diantaranya sebagai berikut :

1. Peningkatan Organisasi Kemahasiswaan

Jika tahun kemarin jumlah Organisasi Kemahasiswaan (OK) berjumlah 45, maka tahun ini akan ada pertambahan menjadi sekitar 75 unit, yang terdiri dari UKM Universitas, BEM, HMJ, dan KSM di jurusan. “Kita ingin mengembangkan minat bakat dan penalaran mahasiswa supaya soft skill mahasiswa berkembang dan siap bekerja serta terjun di masyarakat setelah lulus,” ujar Singgih saat ditemui di Rektorat UPNVY.

2. Mendorong Prestasi Mahasiswa

Tahun 2017, UPNVY meraih peringkat 40 dalam pemeringkatan Perguruan Tinggi oleh Kemristekdikti. Tahun depan, UPNVY menargetkan meraih peringkat 30 besar. Hal ini perlu didorong melalui kegiatan penelitian, pengajaran, pengabdian masyarakat, serta mendorong prestasi mahasiswa. “Target meraih 200 prestasi baik dari tingkat lokal hingga internasional. UPN (UPNVY) sangat mendukung dalam berbagai hal, termasuk fasilitas. Contohnya, kita mendukung atlet renang kita yang mencapai peringkat 5 besar. Kita siapkan 2 tahun mendatang minimal 3 besar,” ujar Singgih yang juga merupakan dosen Teknik Pertambangan. Contoh lain dukungan kampus seperti mensupport perbaikan perangkat UKM Marching Band.

3. Dukungan Pengembangan Diri Mahasiswa

Bagi mahasiswa yang ingin mengikuti kegiatan di luar, jangan khawatir karena UPNVY akan mendukung. Contohnya bagi kamu yang akan mengikuti kegiatan konferensi, seminar, hingga pertukaran pelajar. “Akan kita dukung dalam finansial juga. Sudah dianggarkan. Tapi hanya cakupan Asia saja. Sehingga mahasiswa jangan khawatir,” jelas Singgih.

Untuk mendukung 3 program baru bidang kemahasiswaan tentu diperlukan dukungan dari semua civitas akademika UPNVY. “Semoga info beasiswa lebih banyak lagi dan disebar merata. Selain itu juga dukungan yang lebih besar bagi UKM, contohnya untuk Marching Band yang masih terkendala alat padahal kita akan ikut kompetisi nasional,” pesan Dianggi Ananda, mahasiswa Ilmu Komunikasi. Nah mahasiswa, apakah program baru bidang kemahasiswaan ini membuat kamu semakin terpacu untuk berprestasi? Selamat berprestasi!

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya