Iseng, Gaung Jadi Investor BEI Ke 1 Juta

Posted at 2018-03-07 10:33:00 on SEPUTAR KAMPUS by Lucia Yuriko
Dok. Pribadi

Kemanakah uang kita selama ini? Pernahkah terpikirkan untuk menginvestasikan uang ke dalam bentuk investasi saham? Jika belum, maka hal ini patut dicoba. Berdasarkan data dari Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), ternyata mayoritas investor pasar modal adalah anak muda. Sebesar 26,24% dari total investor berada di rentang usia 21-30 tahun, menyusul rentang usia 31-40 tahun sebesar 25,12%, dan sisanya usia belia, dewasa hingga lanjut.

Berawal dari keisengan membuka akun, Gaung Samudra Aji justru terpilih menjadi investor BEI yang ke 1 juta. Rupanya awal mula Gaung membuka akun karena anjuran dosen mata kuliah Manajemen Investasi. “Kita diberikan arahan membeli saham nominal kecil agar ketika dewasa jadi bekal investasi,” ungkapnya. Akunnya telah dibuka sejak akhir 2016 dengan saldo pembukaan rekening sebesar 100 ribu. Namun Ia baru mencoba bertransaksi beberapa bulan lalu. Setelah melihat-lihat pergerakan saham di aplikasi trading, pilihannya jatuh ke PT Bumi Resources Tbk (BUMI) dan PT Energi Mega Persada Tbk (ENRG). “Saya hanya beli dari BUMI 20 ribu dan ENRG 30 ribu. Total portofolio hanya Rp 50.000,00. Setelah dapat penghargaan sempat ditanyakan portofolionya. Saya minder karena nominal kecil tapi diundang ke Jakarta,” cerita mahasiswa jurusan Manajemen 2015 ini.

Sebagai investor ke 1 juta, Gaung diundang ke Jakarta untuk menghadiri Ulang Tahun KSEI ke-20, Rabu (24/02/2018) dengan full akomodasi. Uniknya, saat diberi tahu awalnya Gaung justru mengira ini penipuan. “Awalnya belum percaya. KSEI lalu konfirmasi ke kampus dan menghubungi dosen. Kemudian saya boleh ajak 1 rekan lagi. Awalnya mau ajak dosen tapi lagi tesis, kemudian orangtua juga tidak bisa kalau harus 3 hari. Akhirnya saya ajak teman dari KSPM (Kelompok Studi Pasar Modal),” ujarnya saat ditemui di kampus.

Berkesempatan maju ke panggung di depan beberapa tamu undangan, Gaung juga mendapatkan piala dan tabungan rekening danareksa sebesar Rp 10.000.000,00. “Rekening tersebut dari KSEI tidak diberikan uang cash tapi bertujuan memberikan penghargaan ke saya agar (bisa) investasi kembali. Hadiahnya ditransfer ke rekening saham saya 10 juta,” ungkap mahasiswa asal Yogyakarta ini.

Dengan hadiah tersebut, rencananya Gaung akan mencoba berinvestasi ke bank-bank pemerintah atau BUMN. Nah apakah kamu tertarik mencoba?

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya