Akreditasi Perguruan Tinggi

Posted at 2018-03-20 14:42:00 on ARTIKEL by Yudi Kobo

Akreditasi adalah suatu pengakuan formal yang diberikan oleh badan akreditasi terhadap suatu program studi di perguruan tinggi yang ada di nilai dalam beberapa kriteria.bertujuan yaitu

- menginformasikan kinerja institusi perguruan tinggi/program studi kepada masyarakat.
- mengetahui kekurangan dalam rangka untuk memperbaiki kinerja

Lalu siapa badan akreditasi di Indonesia yang memberikan akreditasi

Badan yang melakukan akreditasi kepada lembaga pendidikan yang ada di Indonesia adalah BAN-PT. Jadi akreditasi hanya akan resmi jika BAN-PT telah mengeluarkan SK akreditasi.

Akreditasi ini selalu diperbaharui setiap 5 tahun sekali oleh perguruan tinggi atau sekolah-sekolah yang ada di Indonesia.

Apa Penilaian akreditasi Program studi?

  1. Standar Isi
  2. Standar Proses
  3. Standar Kompetensi Lulusan
  4. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
  5. Ketersediaan Sarana dan Prasarana Pendidikan
  6. Pengelolaan Program Studi
  7. Standar Pembiayaan
  8. Standar Penilaian
  9. Standar Penelitian
  10. Standar Pengabdian Kepada Masyarakat

Jika diperhatikan apa saja yang dinilai dalam akreditasi, maka ternyata akreditasi sangatlah signifikan dalam menentukan apakah sebuah perguruan tinggi unggulan atau tidak.

Setelah sepuluh standar di atas dinilai, akan didapat nilai akhir (skala 0-400) yang menentukan bahwa prodi ini dapat akreditasi A, B, C, atau NA (nir-akreditasi/tak terakreditasi)

  • Akreditasi A = 361 – 400
  • Akreditasi B = 301 – 360
  • Akreditasi C = 201 – 300

Bagaimana dengan program Studi baru?

Pada tahun awal memang tidak ada akreditasi atau minimal tertulis terakreditasi. Jadi perguruan tinggi harus mengajukan diri buat diakreditasi, meski belum punya lulusan.

Tapi karena belum punya lulusan, memang relatif sulit untuk prodi baru langsung dapet akreditasi yang memuaskan. Namun pemerintah saat ini sudah menerapkan aturan kalau akreditasi program studi baru akan otomatis minimal terakreditasi C.

Yang perlu kamu perhatikan tentang Akreditasi

Sayangnya, akreditasi di Indonesia masih belum bisa dibilang optimal. Memang, terkesan pertumbuhan perguruan tinggi di Indonesia sangat pesat namun masih banyak perguruaan tinggi yang belum atau tidak terakreditasi ole BAN-PT.

Maka, kamu sebaiknya menjadi perhatian prioritas kamu sebelum daftar ke perguruan tinggi karena akan berdampak pada kualitas pendidikan kamu selama proses perkuliahan dan kredibilitas ijazah kamu.

Cara melihat akreditasi program studi di perguruan tinggi pilihan kamu ?

Untuk mengetahui akreditasi program studi suatu jurusan di kampus tertentu secara real-time dapat kunjungi https://banpt.or.id/direktori/prodi/pencarian_prodi lalu pilihan perguruan tinggi yang ingin di lihat.

 

Update Standar Layanan Proses Akreditasi 2018

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya