Kamu Sering Merasa Gugup Saat Interview Kerja?

Posted at 2018-03-27 13:26:00 on PENGEMBANGAN DIRI by Redaksi

Mendapat panggilan untuk interview kerja memang membuat senang. Namun ketika Kamu telah datang ke perusahaan dan siap untuk interview kerja kadang kala merasa sangat gugup. Detak jantung meningkat, tangan berkeringat dan bergetar menjadi tanda-tanda bahwa Kamu sedang gugup. Gugup saat interview kerja memang merupakan hal yang wajar terutama untuk Kamu yang belum memiliki pengalaman bekerja.

Tapi gugup yang berlebihan juga bisa merugikan Kamu dan mengakibatkan Kamu tidak diterima bekerja di perusahaan tersebut. Untuk mengatasi gugup, Kamu bisa melakukan beberapa hal dibawah ini sebelum mendatangi interview kerja.

Lakukan research mengenai perusahaan tersebut

Melakukan research sebelum wawancara kerja sangatlah penting. Kamu bisa mencari taunya melalui website resmi perusahaan. Nah berikut ini ada beberapa hal yang harus Kamu ketahui mengenai prusahaan: Perusahaan bergerak dibidang apa, sejarah perusahaan, culture perusahaan dan masih banyak lagi. Dengan mengetahui tentang perusahaan, Kamu akan merasa lebih percaya diri karena sudah mengetahui tentang perusahaan.

Dan Kamu tidak perlu pusing ketika ditanya yang bersangkutan tentang perusahaan tersebut.

Latihan interview kerja

Kebanyakan perusahaan akan melakukan interview kerja dengan menggunakan bahasa inggris. Maka dari itu, Kamu bisa meminta bantuan kepada teman atau keluarga yang mahir berbahasa inggris untuk latihan interview kerja. Lakukanlah latihan dengan serius seakan-akan Kamu sedang melakukan interview kerja sungguhan agar hasil yang didapat nantinya sesuai dengan yang diinginkan.

Jangan lupa lakukan eye contact

Meskipun rasa gugup saat wawancara kerja adalah hal yang wajar dan hal ini pasti pernah dialami setiap orang sehingga hal-hal kecil sering kali terlupakan. Salah satu hal kecil tersebut yaitu eye contact. Jangan pernah menyepelekan eye contact saat interview kerja berlangsung. Sebab dengan eye contact, pewawancara bisa menilai apakah Kamu sedang berbohong atau tidak. Memang itu akan membuat sebagian orang menjadi tambah gugup. Cara lain untuk melakukan eye contact, Kamu bisa memandang bagian atas kepala atau kening pewawancara.

Eye contact juga menunjukan bahwa Kamu memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan jujur.

Datang lebih awal, setidaknya 30 menit sebelum jadwal interview kerja

Ada banyak hal yang mungkin bisa terjadi dan menggagalkan interview kerja Kamu seperti: hujan, ban bocor, macet dan lainnya. Jangan sampai ini terjadi. Maka, untuk mensiasatinya, Kamu bisa memperkirakan berangkat lebih awal dari rumah menuju tempat interview kerja dan datang tepat waktu, setidaknya 30 menit lebih awal dari jadwal yang ditentukan.

Hal ini dimaksudkan agar Kamu bisa lebih menenangkan diri, mengatur pernapasan, tidak buru-buru, merapikan pakaian dan baju Kamu.


Sumber : Karir.com

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya