Tipe Gaya Hidup Mahasiswa di Dunia Kampus

Posted at 2018-04-12 11:58:00 on SEPUTAR KAMPUS by Yudi Kobo

Dalam kehidupan kampus pasti banyak sekali mahasiswa, dan mahasisiwa itu sangat bermacam macam gaya hidupnya. Ada juga istilah berikut ini untuk tipe golongan mahasisiwa yang ada di kehidupan kampus.

Kupu-kupu = kuliah pulang – kuliah pulang
Kegiatan mahasiswa ini sehari-hari adalah kuliah, kemudian langsung pulang ke rumah atau kosan. Bukan berarti mahasiswa ini kurang kesibukan, tapi bisa jadi karena sumber kesibukannya ada di rumah atau di luar kampus. Entah itu sudah harus mengurus anak, mengurus orangtua, menjalankan bisnisnya dari rumah ataupun kesibukan lainnya.
Belajarlah untuk mendahulukan keluarga dari mahasiswa tipe ini.

Kura-kura = kuliah rapat – kuliah rapat

ilustrasi

Kamu aktif di BEM, UKM atau HMJ ? atau organisasi lainnya ? Pada Kampus tertentu Kamu pasti akan melihat banyak sekali mahasiswa tipe ini di kampus. Mereka sangat sibuk rapat kerja atau rapat koordinasi di luar jam kuliah mereka. Baik itu untuk keperluan akademis, organisasi, unit kegiatan mahasiswa, event, proyek dan lain sebagainya.
Belajarlah berorganisasi dan menyatakan pendapat serta menjadi kritis dari mahasiswa tipe ini.

Kuda-kuda = kuliah dagang – kuliah dagang


mirror.co.uk

Jika kamu jeli melihat sekelilingmu saat kuliah, pasti ada mahasiswa yang berdagang sesuatu di luar jam kuliahnya. Baik berdagang suatu produk maupun jasa. Mahasiswa ini akan oportunis menawarkan jualannya di berbagai kesempatan termasuk didalam kelas dan saat berteman dengannya di media sosial. Belajarlah berwirausaha dari mahasiswa ini.

Kunang-kunang = kuliah nangkring-kuliah nangkring
Ada banyak tempat buat nangkring untuk mahasiswa, mulai dari warteg, warkop, tempat - tempat wi-fi gratis. Semua tempat itu digunakan untuk sekedar duduk, minum kopi, makan jajan bersama, main mobile legend dan berbincang-bincang apapun yang bisa saja tiba-tiba mengarah pada kebijakan negara. Belajarlah cara menemukan perasaan santai dari mahasiswa jenis ini.

Kucing = Kuliah Cari yang bening
Konon katanya ada mahasiswa yang sejak dari jaman sekolah selalu berorientasi untuk mencari jodoh di kesempatan apapun. Jika ini masih berlanjut hingga dia kuliah, berarti kisah cintanya dari jaman sekolah tidak sukses. Jalan pandangnya visioner, ia akan melihat apakah seseorang itu layak menjadi pendamping hidupnya hingga akhir hayat atau tidak. Postingan dan update-nya di media sosial berkisar pada cinta-cintaan.
Kamu bisa belajar mengasah sisi romantismu dari mahasiswa ini.

Kuman-kuman = kuliah main-kuliah main
Kamu akan menemukan teman kuliah yang seakan-akan main melulu jika tidak kuliah. Kalaupun dia adalah anak rantau, dia tiba-tiba sudah tahu semua tempat main di kota tempat dia kuliah dalam waktu dekat. Hobi main tidak berarti buruk, justru ini akan berguna ketika nanti di dunia kerja. Mereka akan terbiasa dengan istilah "work hard, play harder". Kamu perlu belajar untuk menemukan cara having fun di tengah kesibukan dari mereka.

Kutu kupret = Kuliah tugas-kuliah presentasi

Ini agak ironis Mahasiswa rajin atau bisa juga jenius ini biasanya menjadi korban saat mendapat tugas kelompok. Di luar jam kuliah, dia akan mengerjakan tugas kelompoknya dan pada saat presentasi, dia pun yang akan maju untuk presentasi hasil tugasnya karena memang hanya dia lah yang mengerti tugas tersebut.
Tapi kondisi tersebut akan bermanfaat bagi dia sendiri karena mengerjakan tugas itu secara tidak langsung membuatnya belajar materi perkuliahan. Jangan terkejut jika mahasiswa tipe ini merajai top 20 chart IPK tertinggi di jurusanmu. Belajarlah menjadi rajin dari mereka.

Kue - kue = kuliah gawe-kuliah gawe
Terlepas dari kondisi yang memang memaksa mereka harus bekerja ataupun memang bekerja karena keinginan sendiri, mahasiswa tipe ini jago membagi waktu dan energinya. Bayangkan ia harus menyelesaikan tugas kuliah dan lanjut menyelesaikan tugas di tempat kerjanya. Pengalaman kerja yang ia lakukan akan menambah catatan bagus riwayat hidupnya, sehingga memiliki nilai lebih dibanding teman lain ketika mencari kerja begitu lulus kuliah.
Belajarlah untuk menjadi berdedikasi dari mereka.

Kuper-kuper = kuliah perawatan-kuliah perawatan

@upncantikganteng
@upncantikganteng

Terbiasa untuk berpenampilan menarik akan memberikan nilai lebih memang cenderung lebih banyak ini terjadi pada mahasiswi. Jadi kamu akan menemukan beberapa teman kuliah yang tampil kinclong dan warna atau model rambut berganti-ganti. Kamu bisa belajar menghargai diri sendiri dari mereka.

Kusut-kusut = kuliah syuting-kuliah syuting

brit.co

Fenomena luar biasa dari kecanggihan teknologi yang masuk ke lifestye kita. Sudah tidak jarang lagi kita melihat mahasiswa yang syuting untuk akun YouTube, instagram, Bigo dan media lainnya di mana mereka menjadi selebritis di sana atau setidaknya mencoba untuk menjadi salah satunya. Mereka akan terlihat mengabadikan aktivitas-aktivitas mereka di manapun.
Kamu perlu belajar cara menarik perhatian publik dari mereka.

Tipe yang manapun kamu, kamu perlu menciptakan momen-momen berharga saat kuliah yang nantinya akan kamu kenang selalu. Manfaatkan waktumu dengan baik dan jadilah dirimu sendiri.

Sekarang mari menganalisis diri sendiri jika kalian mahasisiwa. Kamu termasuk golongan manakah ?

Tentukan mana yang bisa merubah diri kita menjadi lebih baik. Jangan asal menjadi mahasiswa yang tidak mempunyai tujuan.

 


Sumber : idntimes.com

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya