Mengenal Dunia Start Up di International Job Fair

Posted at 2018-04-30 19:06:00 on SEPUTAR KAMPUS by Lucia Yuriko

Masa kuliah sekitar 4 tahun perlu diisi dengan kegiatan positif untuk menunjang masa selepas kuliah, yaitu bekerja. Aktif organisasi dan magang di perusahaan bisa menjadi opsi menarik, terutama bagi mahasiswa semester akhir. Dunia start up yang semakin berkembang banyak menarik minat mahasiswa. Serba-serbi dunia start up dan magang ke luar negeri dibahas dalam International Job Fair, hari Rabu (18/04/2018), di Ruang Audio Visual Museum Geologi UPN.

Acara ini dihadiri oleh Hidayat Tomu (General Manager Creative dan Content COZER), Erna Kurniawati S.IP., M.Si (Dosen dan tim Internship jurusan Hubungan Internasional), dan Muhammad Nurhuda (President AIESEC in UPNVY 18/19). Selain mendapatkan informasi seputar program magang luar negeri AIESECyaitu Global Talent, peserta juga mendapat wawasan seputar bekerja di dunia start up.

Mengenal Dunia Start Up di International Job Fair

Perkembangan dunia start up dipaparkan oleh Hidayat secara kronologis. Pola komunikasi yang semula masih primitif, melalui daun lontar, perlahan semakin modern hingga kini telepon ditemukan dan dunia internet berkembang. Start up lahir di jaman internet makin merajalela dan mudah dinikmati masyarakat. Pada dasarnya, start up merupakan bisnis rintisan yang rata-rata berbasis teknologi dan internet.

Hidayat sebagai perwakilan dari COZER mengisahkan bagaimana COZER berusaha menyediakan wadah untuk pemberdayaan pemuda dan media sharing pengetahuan. Produk COZER yang dapat dinikmati mahasiswa UPNVY yaitu UPNVY Mobile yang sebentar lagi akan dilaunching versi barunya.

Bahasan mengenai start up memancing beberapa pertanyaan dari peserta. Salah satunya datang dari Muhammad Irfan, mahasiswa Teknik Kimia UPNVY 2016, mengenai kondisi start up di Jogja. Dipaparkan Hidayat, sebagai kota anak muda, pertumbuhan start up di Jogja begitu pesat. Ciri khasnya adalah ide yang nyentrik dan unik. “Mereka punya ide yang cukup gila, dan itu modal untuk bisa membangun start up. Modal berani juga penting, agar bisa melangkah. Ide bagus bukan hanya kontennya saja tapi juga harus bisa dilaksanakan,” ujarnya dalam balutan baju hitam. (Lucia Yuriko)

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya