Tips Mencegah dan Mengatasi Rasa Haus Saat Sedang Puasa

Posted at 2018-05-17 11:36:31 on ARTIKEL by Redaksi

Sebagian orang lebih sulit untuk menahan rasa haus dibandingkan dengan rasa lapar saat berpuasa. Rasa haus bisa menjadi pengganggu nomor satu dalam menjalankan ibadah puasa karena dapat membuat tubuh menjadi lemas dan sakit kepala. Sebenarnya, adakah cara mudah untuk mencegah dan mengatasi rasa haus saat puasa?

Apa yang Kamu makan saat sahur, mempengaruhi tingkat rasa haus di siang hari

Berpuasa di cuaca yang sedang panas, memang membuat Kamu merasakan kering di mulut dan juga tenggorokan. Apa lagi saat di siang hari, Kamu pasti akan merasakan kehausan. Hal ini wajar saja dirasakan karena saat berpuasa Kamu akan dilarang untuk minum atau makan, sehingga Kamu akan kekurangan cairan atau sering disebut dehidrasi.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan rasa haus terkadang tidak tertahankan. Selain kegiatan yang menguras cairan tubuh dan kondisi cuaca yang panas dengan kelembaban yang tinggi, faktor makanan yang Kamu konsumsi saat makan sahur juga turut mempengaruhi rasa haus saat berpuasa.

Masalah ini sebenarnya bisa diatasi dengan cara mengonsumsi makanan dan minuman yang tepat saat berbuka maupun sahur. Besar kemungkinannya saat berbuka puasa Kamu cenderung mengonsumsi makanan dan minuman yang tidak tepat, sehingga Kamu mudah merasa haus dan lapar.

Sekali lagi, memperhatikan pola makan saat bulan puasa, sangat penting untuk kondisi tubuh Kamu. Ada baiknya Kamu biasakan mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat membantu mengatasi rasa haus saat puasa ramadhan.

Bagaimana cara mengatasi haus saat puasa?

Menjaga suhu tubuh tetap normal bisa membantu Kamu untuk tidak mudah merasa haus, Apalagi jika Kamu memiliki banyak kegiatan di luar ruangan. Jika tubuh menjadi terlalu panas, salah satu cara paling efektif untuk menurunkan suhu tubuh adalah mandi atau berendam dengan air yang sejuk.

Pastikan suhu air sejuk, bukan dingin. Seharusnya suhu air ini di bawah suhu tubuh. Jika terlalu dingin, saat sudah selesai mandi atau berendam, tubuh Kamu pun menanggapi dengan mengeluarkan panas untuk menghangatkan diri.

Untuk Kamu yang berangkat ke kantor menggunakan sepeda motor dan terlalu lama di jalan karena menghadapi kemacetan. Kamu akan merasakan kelelahan dan kehausan sesampainya di kantor. Jika Kamu sudah sampai di kantor, Kamu bisa mencoba menaruh es batu di dalam handuk tipis dan menaruhnya selama dua menit di leher dan di pergelangan tangan, yang merupakan dua titik nadi yang bisa Kamu pegang kapan saja di sepanjang hari.

Hal ini bisa mendinginkan tubuh karena titik nadi merupakan area di mana pembuluh darah berada dekat dengan permukaan kulit sehingga Kamu bisa mentransfer dingin ke tubuh. Kamu juga bisa meletakkan handuk dingin ini di sekitar pangkal kepala dan leher di air yang sejuk selama 5-10 menit. Di area ini ada banyak pembuluh darah yang berada dekat dengan permukaan kulit dan bisa membantu Kamu mendinginkan tubuh dengan cepat.

Cara mencegah agar tidak haus saat puasa

Agar ibadah puasa Kamu tidak terganggu dan tetap lancar sampai takbir berkumKamung, Kamu bisa mencoba beberapa tips untuk mengatasi haus saat puasa. Apa saja tipsnya? Berikut ulasannya.

Perbanyak minum air putih saat sahur

Usahakan perbanyak minum air putih dari waktu berbuka puasa hingga menjelang imsak. Hal ini dapat membuat Kamu terhidrasi dengan baik saat Kamu menjalankan puasa. Kamu bisa menempatkan air minum dalam wadah botol ketika Kamu akan tidur, yang bisa Kamu minum ketika terbangun di tengah malam.

Usahakan minum air putih satu atau dua cangkir setiap satu jam. Kebiasaan ini akan membantu Kamu tidak kehausan pada jam-jam puasa.

Konsumsi banyak buah-buahan

Salah satu cara mudah untuk mencegah haus saat puasa adalah dengan banyak mengonsumsi buah-buahan. Asupan cairan tidak hanya bisa Kamu dapatkan dengan minum air putih, namun juga bisa Kamu dapatkan di buah-buahan.

Semangka, stroberi, anggur dan melon mengandung sekitar 90-92% air. Buah persik, rasberi, nanas, aprikot dan blueberi mengandung sekitar 85-89% air. Buah-buahan ini bisa dikonsumsi dalam keadaan segar, dibekukan atau dijus, dan dikonsumsi saat sahur. Kamu bisa juga mencampurkan beberapa buah untuk membuat salad buah.

Siapkan yogurt

Tahukah Kamu bahwa yogurt mengandung sekitar 85% air? Tidak hanya dapat memberikan asupan cairan untuk tubuh, kandungan yogurt yang memiliki banyak nutrisi, kalsium, dan protein, sangat baik untuk Kamu yang sedang berpuasa. Kamu bisa menambahkan buah-buahan ke dalam yogurt untuk mendapatkan asupan cairan yang lebih banyak saat sahur.

Oleh Yuliati Iswandiari
Data medis direview oleh dr. Yusra Firdaus.


Sumber : hellosehat.com

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya