Resmi dibuka : prodi Teknik Geomatika

Posted at 2018-06-04 11:53:00 on SEPUTAR KAMPUS by Wike Wijayanti

Tahun 2018 ini UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) membuka dua program studi baru yaitu Hubungan Masyarakat (Humas) dan Teknik Geomatika. Prodi Humas sudah dapat dipilih pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Sedangkan Teknik Geomatika baru bisa dipilih pada penerimaan mahasiswa baru melalui Seleksi Mandiri yang dibuka pada tanggal 21 Mei – 6 Juli 2018.

UPNVY selama ini sudah dikenal dalam bidang geologi, mineral dan energi sehingga kompetensi program studi Teknik Geomatika diarahkan dalam rangka mendukung keunggulan tersebut.

Keunggulan Teknik Geomatika UPN adalah mencetak kader pionir pembangunan, yaitu Sarjana Teknik Geomatika yang menguasai manajemen informasi geospasial untuk mendukung eksplorasi geologi, mineral, dan lingkungan dilandasi semangat jiwa bela negara.

Pembukaan prodi Teknik Geomatika ini berdasarkan Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi yang ditandatangani pada tanggal 4 Mei 2018 Nomor. 338/KPT/I/2018 tentang izin pembukaan Program Studi Geomatika Program Sarjana pada UPN “Veteran” Yogyakarta.

“Geomatika sudah dapat diakses dan menjadi pilihan pada Seleksi Mandiri tahun ini. Kami membuka kesempatakn untuk lulusan SMK bisa mendaftar,” kata Ir.Joko Hartadi MT, Ketua Prodi Teknik Geomatika UPNVY, Jumat (25/5/2018).

Teknik Geomatika adalah terminologi ilmiah modern yang mengacu pada pendekatan terpadu dari pengukuran, analisis, pengelolaan, penyimpanan dan penyajian deskripsi dan lokasi dari data yang berbasis muka bumi, yang umumnya disebut data spasial (geospasial).

Teknik Geomatika muncul dalam konteks integrasi beberapa profesi atau disiplin ilmu yang saling berhubungan dengan bidang geo-informasi yang terkomputerisasi. Oleh karenanya Teknik Geomatika dikenal dengan Geodesi dan Informatika.” Ujarnya.

Joko menjelaskan pada program studi Geomatika mahasiswa akan belajar tentang perpetaan, permodelan digital, pengolahan citra digital, foto udara, geodesi satelit dan mendapatkan kuliah lapangan.

Peluang kerja ilmu ini, lanjut Joko, sangat luas dengan berbagai profesi seperti surveyor, analisis data, programmer, peneliti dan profesi lain di bidang geospasial dan informatika.

Lulusan Geomatika juga mampu berkarir di instansi pemerintah maupun swasta di bidang perminyakan, pertambangan, pertanahan, perhubungan, serta komunikasi.

Pada penerimaan mahasiswa baru jalur Seleksi Mandiri tahun ini, UPNVY menyiapkan kuota mahasiswa baru sebanyak 40 kursi dan 12 tenaga pengajar dengan kompetensi dan keahlian berbeda – beda.

 

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Puja Anggara

mantap

2018-06-04 12:58:14
Baca Lainnya