Buka Bersama Mahasiswa, Alumni dan Dosen Fakultas Pertanian UPNVY

Posted at 2018-06-04 15:35:00 on SEPUTAR KAMPUS by Kontributor
Sumber Gambar : kund

Penulis : Muhamad Kundarto

Kegiatan Buka Bersama pada bulan ramadhan tahun ini terasa lebih istimewa. Walaupun kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun. Namun kehadiran peserta yang mencapai 250 orang adalah kebanggaan yang luar biasa.

Kegiatan ini bersumber dari dana kolaburasi kampus dan alumni, sedangkan mahasiswa bertindak sebagai panitia pelaksananya. Titik paling krusial adalah bagaimana menghadirkan peserta yang sesuai target. Sebenarnya panitia men-target-kan kehadiran 200 orang, dengan konsumsi disediakan 250 porsi. Tapi ternyata jumlah yang hadir malah membikin deg-deg-kan, apakah konsumsi cukup atau tidak.

Ternyata cukup. Lalu bagaimana rahasia suksesnya?

Seminggu sebelum hari H, panitia mengatur strategi. Dengan berbagai pertimbangan, mahasiswa mendapat kuota 150 dan dosen-alumni 50. Panitia mahasiswa melakukan gerilya pada grup-grup WA/line pada tiap-tiap angkatan dan jurusan. Mereka membuat list kehadiran. Agar lebih meyakinkan, setiap pendaftar juga wajib mendaftar ulang pada secretariat di depan mushola pada jam kerja. Dengan begini akan tampak keseriusan, apakah mahasiswa bisa hadir atau tidak. Ternyata, pada H-1, animo sudah ‘full booked’, bahkan katanya lebih dari 150.

Selanjutnya gerilya mengundang untuk para dosen dan alumni. Panitia juga melakukan gerilya membuat surat undangan resmi dan konfirmasi kehadiran pada grup WA masing-masing pengurus dan jurusan / program studi. Khusus untuk alumni, kali ini memang prioritas para pengurus IKAPERTA yang diundang, karena kapasitas ruang juga terbatas. Maka strategi ini sangat efektif untuk memastikan jumlah yang hadir menjelang pelaksanaan kegiatan.

Panitia mahasiswa Alamanda (kajian keislaman fakultas pertanian) juga punya kreasi. MC dibuat berpasangan cowok-cewek. Ruangan disekat untuk jamaah lelaki dan jamaah perempuan. Semua yang hadir diwajibkan mengisi daftar presensi.

Sementara beberapa mahasiswa merapikan sepatu/sandal di luar ruangan. Pukul 16.00 WIB jumlah peserta sudah 100-an orang, tapi acara dimulai pukul 16.30. Ada 3 sambutan, yaitu Pembina alamanda, Dekan dan Ketua IKAPERTA. Berikutnya langsung diisi ceramah 30 menit sampai menjelang buka. Ketua IKAPERTA, Pak Dr.Ir. Bambang Soepijanto, MM spontanitas memberikan souvenir kipas tangan sebanyak 90 buah, dibagikan secara acak kepada para peserta.

Panitia dan peserta berkolaburasi gerak cepat. Sepuluh menit sebelum berbuka, minuman dan snack dibagikan. Saat berbuka, seorang mahasiswa langsung adzan. Sehingga para peserta langsung spontan meminggirkan gelas dan snack agar ruangan bisa digunakan untuk sholat maghrib. Sholat dilakukan beberapa tahap karena jumlah peserta yang sangat banyak.

Tahap berikutnya para peserta membuat antrean panjang untuk mendapatkan konsumsi prasmanan. Ternyata mereka sangat tertib walaupun panjang antrian sampai 30 meter sebanyak 2 lajur. Terlihat bapak-ibu dosen pun ikut antri bersama.

Setelah acara makan bersama. Alamanda masih menggunakan waktu untuk bagi-bagi hadiah pada para pemenang lomba yang diadakan sebelumnya. Mereka tampak ceria dan riang gembira. Akhirnya, acara diakhiri dengan foto bersama.

 

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya