Belajar Geologi Pertambangan di Pojok Alumni IAGEOUPN

Posted at 2018-06-04 18:32:58 on SEPUTAR KAMPUS by Lucia Yuriko

Menjadi geologis di lapangan, tentu akan menjumpai banyak tantangan baru. Ranah pekerjaan geologis ternyata tidak hanya seputar geologi saja, namun bisa menyentuh dunia mining (tambang). Pengalaman bekerja puluhan tahun di dunia geologi pertambangan, diceritakan Agus Purwanto dalam Sharing Alumni di Ruang Seminar Teknik Geologi, Jumat (18/05/2018).

Agus saat ini bekerja di PT. Merdeka Copper Gold Tbk. Alumni Teknik Geologi UPNVY tahun 1988 ini telah berkecimpung di dunia pertambangan puluhan tahun. Agus memberikan materi perihal “Geologi Pertambangan pada Pertambangan Terbuka/Bawah Tanah Endapan Mineral/Logam Dasar”. Menurut Agus, tugas geologist di mining yaitu mengumpulkan data dan mengelola. “Geologi ini bekerja sangat erat dengan orang mining di lapangan. Di kantor juga banyak dari metalurgi, dll” ujarnya di hadapan para mahasiswa.

“Saya banyak terlibat di pengeboran dan eksplorasi. Kita bisa eksplorasi, jadi jangan lupakan studi structure, dan studi geologi yang utama,” ujarnya. Agus juga mengajak mahasiswa agar terus belajar, dan mempelajari masing-masing elemen. Contohnya saat mendapat tugas drilling, memiliki risiko yang besar dan seorang geologist haru mampu bertanggung jawab. “Pekerjaan geologi menentukan arah mining. Data geologi sekecil apapun, penting kita tangkap,” ujarnya sebagai penutup.

Pojok Alumni merupakan program dari IAGEO UPNVY sebagai wadah para alumni berbagi ilmu ke mahasiswa. Acara ini biasa diadakan setiap hari Jumat. Harapannya mahasiswa mendapat ilmu langsung dari praktisi dan mengenal alumni lebih dekat, sehingga bisa bertanya atau menjalin kerjasama secara langsung.

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya