Bagaimana Partner Kerja Akan Sangat Berpengaruh Dengan Kinerjamu?

Posted at 2018-06-28 17:00:40 on PENGEMBANGAN DIRI by Yudi Kobo

Partner kerja bukan hanya sekedar teman yang kamu temui di tempat kerja. Partner kerja juga bukan sekedar orang yang dapat kamu ajak bersenang-senang di waktu senggang. Partner kerja bisa berpengaruh pada kinerja dan produktivitas seseorang di kantor. Bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Yuk, simak jawabannya di sini!

Partner Kerja Berpengaruh pada Happy Working Life

Dalam sebuah survey, tercatat 70 % karyawan menyatakan partner kerja sangat berpengaruh pada terciptanya happy working life. Kehidupan pekerjaan yang bahagia tentunya dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti sesuainya pekerjaan dengan passion kita, pendapatan yang sesuai, dan juga lingkungan kerja yang nyaman termasuk partner kerja yang cocok. Ketika semua hal sudah terpenuhi, tentunya kita akan merasakan kehidupan kerja yang bahagia.

Seiring dengan happy working life yang tidak terwujud, tentunya kinerja seorang karyawan juga akan menurun. Hal ini akan lebih banyak dirasakan oleh orang yang lebih suka bersosialisasi. Berbeda dengan karyawan yang memiliki karakter lone wolf yang sepertinya tidak akan terlalu terganggu  karena pada dasarnya lebih menyukai bekerja sendiri.

Hubungan Baik dengan Partner Kerja Lebih Penting dari Bayaran Tinggi

Angka lainnya menunjukkan bahwa 58% pria dan 74% wanita menolak gaji yang lebih tinggi jika harus memiliki hubungan yang tidak akur. Hal ini membuktikan bahwa mayoritas pekerja lebih mementingkan hubungan  dibandingkan dengan gaji yang didapatkan. Padahal sebelumnya disebutkan bahwa gaji dan juga lingkungan kerja yang nyaman merupakan faktor-faktor utama dalam memilih pekerjaan.

Gaji yang besar memang penting, tapi ternyata tidak cukup penting jika ditukarkan dengan hubungan baik  yang sudah terjalin. Meskipun gaji yang besar juga bisa berpengaruh pada kinerja kita tetapi jika dibarengai dengan hubungan yang kurang baik dengan partner kerja tentunya pekerjaan tersebut tetap berat untuk dijalani.

Merasa Lebih Terkoneksi dengan Perusahaan

Ketika kita memiliki hubungan baik dengan partner kerja, kita juga akan merasa lebih terkoneksi pada perusahaan. Ketika hubungan baik  terjalin, kita akan berpikir bahwa pekerjaan ini adalah pekerjaan yang tepat bagi kita dan tentunya perusahaan ini juga merupakan perusahaan yang tepat. Ketika kamu sudah merasa memang sudah berada di tempat yang seharusnya, tentunya kamu juga akan mampu bekerja dengan kinerja yang baik.

Banyak yang Menemukan Sahabat di Tempat Kerja

Sebanyak 1/3 orang dewasa di dunia, menemukan paling tidak satu sahabatnya di tempat kerja yang artinya memulai persahabatan dari partner kerja. Hubungan yang berawal dari partner kerja juga bisa menghasilkan hubungan yang lebih dekat bahkan hingga persahabatan. Dengan bekerja bersama, tentunya kita bisa menjalani pekerjaan dengan lebih nyaman. Rasa nyaman ini lah yang kemudian membuat kita mampu bekerja dengan kinerja dan produktivitas yang baik.

Mendapat Dukungan Pribadi untuk Berkembang

Selain rasa nyaman, partner kerja yang merupakan teman juga bisa memberikan dukungan pribadi untuk kita. Dukungan pribadi ini sangatlah penting dalam perkembangan karier kita. Ketika kita menghadapi masalah dalam pekerjaan, kita tidak perlu bingung untuk bercerita dan meminta saran kepada siapa. Dengan adanya partner kerja sekaligus teman kita, masalah dalam pekerjaan pun jadi lebih mudah kita hadapi. Kita tidak perlu terlarut dalam masalah apalagi hingga menyebabkan kinerja kita menurun.

Partner kerja yang juga temanmu juga tentunya akan selalu mendukung kamu untuk mengembangkan kariermu. Meskipun dalam kamu dan partner kerjamu mungkin saja harus bersaing, tapi tentu saja akan lebih mampu untuk bersikap saling suportif.

Partner Kerja Membantu Meningkatkan Komitmen Kualitas Kerja

Selain memberikan kita keterikatan yang lebih kuat pada perusahaan dan memberikan dukungan pribadi, hubungan dengan partner kerja juga bisa meningkatkan komitmen pada kualitas kerja kita. Kamu bisa saling mendukung dan mengingatkan untuk selalu dapat bekerja dengan maksimal.

Kamu juga tentunya akan merasa segan ketika temanmu dapat selalu konsisten dengan kinerjanya. Jika kamu belum merasa memiliki pencapaian yang sama, dengan mudah kamu bisa menanyakan pada temanmu bagaimana untuk dapat selalu mempertahankan kualitas kerjamu.

Hal Kecil Bisa Meningkatkan Produktivitas

Meningkatkan produktivitas karyawan memang tidak perlu melalui langkah-langkah besar. Berkaitan dengan hubungan dengan partner kerja, hal kecil seperti kebersamaan tim yang lebih hangat juga bisa meningkatkan produktivitas karyawan.

Contohnya seperti satu tim berkumpul untuk makan siang bersama di meja yang cukup besar. Semakin besar meja tersebut, semakin banyak yang bisa kita ajak untuk berinteraksi. Dari situlah bisa timbul kehangatan yang membuat karyawan merasa sudah memiliki lingkungan kerja yang nyaman.

Karena dianggap sebagai hal kecil, pada akhirnya kita sering menyepelekan hal tersebut. Padahal hal ini membuktikan bahwa hubungan dengan sesama partner kerja adalah hal yang sangat penting namun juga ternyata sangat mudah untuk diwujudkan.

Jika kamu memiliki hubungan yang belum cukup baik dengan sesama partner kerja, mungkin ini saatnya untuk menjalin hubungan baik.

Mungkin saja tanpa kamu sadari, hubungan yang kurang baik dengan partner kerja membuat kamu kesulitan untuk dapat bekerja dengan baik. Lingkungan kerja yang nyaman memang tidak bisa kamu ciptakan sendiri, tetapi harus diciptakan bersama-sama oleh semua elemen yang ada di kantor. Tapi ingat, semuanya bisa dimulai dari hal kecil, bukan?


Sumber : Glints.id

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya