Sang Wanita Tangguh, Ahli Hidrogeologi Perempuan Pertama di Indonesia dan Rektor UPNVY

Posted at 2018-06-29 14:00:00 on ARTIKEL by Redaksi
Prof. Dr. Sari Bahagiarti Kusumayuda, M.Sc. (tiga dari kanan).

Menjadi ahli dalam suatu bidang ilmu bukanlah hal yang mudah. Seorang ilmuwan harus mampu mendalami teori dan praktiknya secara terus-menerus dengan meneliti. 

Ilmu Geologi merupakan ilmu yang mempelajari bumi, komposisi, struktur, sifat-sifat fisik, sejarah, dan proses pembentukannya. 

Disiplin Ilmu Geologi dikenal lebih banyak didalami oleh para laki-laki. Namun siapa sangka, terdapat sosok yang menginspirasi dan memberi banyak pelajaran berharga bahwa menjadi perempuan tak lantas menjadi terbatas. 

Ibu Sari Bahagiarti Kusumayudha merupakan seorang Rektor Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta atau sering disingkat UPNVY. 

Beliau adalah seorang Guru Besar di bidang Hidrogeologi perempuan pertama di Indonesia. Berbekal kepakaran di bidang Hidrogeologi ini pula, berhasil menyumbangkan banyak hasil pemikiran dalam berbagai buku ilmiah. 

Beliau berhasil membuktikan bahwa sosok perempuan juga dapat memperdalam dan ikut andil besar dalam penelitian-penelitian ilmu–ilmu kebumian.

Perhatian dalam dunia penelitian sangat besar sehingga mampu memompa klasifikasi penelitian UPNVY masuk menjadi Klasifikasi Mandiri pada tahun 2016, setelah sebelumnya berada dalam Klasifikasi Utama. 

Klasifikasi Mandiri adalah klasifikasi penelitian perguruan tinggi yang terbaik di Kemenristekdikti. Urutan klasifikasi sendiri adalah Klasifikasi Mandiri, Klasifikasi Utama, Klasifikasi Madya, dan Klasifikasi Binaan. 

Dengan predikat Klasifikasi Mandiri maka otomatis pendanaan meningkat dan meningkatnya pula kewenangan untuk mengelola Hibah Penelitian Skema Desentralisasi. 

Penilaian kinerja penelitian di perguruan tinggi  didasarkan pada empat komponen dengan bobot yang berbeda. Keempat komponen ini adalah Sumber Daya Penelitian yang sangat bagus, manajemen penelitian yang sangat baik.  

Dalam hal ini telah menerapkan sistem penjaminan mutu dalam pengelolaan penelitian, luaran penelitian  yang sangat tinggi dengan reputasi internaskonal dan telah dimanfaatkan oleh stake holder, dan revenue generating. 

Perguruan tinggi dengan predikat mandiri merupakan perguruan tinggi yang mempunyai prestise yang sangat bagus. Masa transisi menjadi lebih mudah untuk dilalui oleh dosen sebagai peneliti. 

Lahir di Semarang, 19 Desember 1956. Mulai meniti pendidikan tinggi di UPNVY jurusan Teknik Geologi tahun 1975. Awal mula memilih Ilmu Geologi adalah keinginan bekerja di perusahaan migas ternama di Indonesia. 

Pembimbing skripsi kala itu yang menyarankan untuk mendalami Hidrogeologi. Baginya Hidrogeologi sangat penting bagi siapapun. 

Makhluk hidup butuh air sebagai sumber kehidupan, oleh sebab itu Sari Bahagiarti Kusumayudha tertarik untuk memperdalam apa yang disebut Hidrogeologi. 

Tak banyak yang mengetahui hidrogeologi. Hidrogeologi adalah bagian dari hidrologi yang mempelajari penyebaran dan pergerakan air tanah dalam tanah dan batuan di kerak bumi (umumnya dalam akuifer). 

Kecintaannya pada Ilmu Hidrogeologi berlanjut dan membuat Beliau melanjutkan studi di Asian Institute of Technology di Bangkok, Thailand pada tahun 1993. Dengan bekal yang sangat mumpuni, Beliau berhasil lulus dan memperoleh gelar Master of Science (M.Sc.) dan Doktor yang lulus dengan predikat cum laude dari Institut Teknologi Bandung tahun 2000.
    
Selalu energik dalam mengajar dan memimpin. Menjadi rektor PTN-B memang bukan hal mudah, Beliau dituntut untuk melakukan perubahan besar–besaran dalam segala hal. 

Namun beliau membuktikan dengan sejumlah prestasi yang diraihnya sebagai Rektor pada tahun 2018 yaitu sepuluh Rektor Inspiratif menurut Majalah Mens Obsession dan Beliau adalah satu–satunya rektor wanita yang masuk ke dalam daftar tersebut diantara 9 Rektor lannya. 

Beliau juga membawa UPNVY menjadi Universitas yang memperoleh tiga penghargaan dari Anugerah Humas PTN dan Kopertis dari Kemenristek Dikti. Sungguh pencapaian yang luar biasa. 

Sosok Beliau merupakan inspirasi bagi perempuan muda lainnya, bahwa mencintai bidang ilmu adalah perlu, bekerja dengan sepenuh hati adalah keharusan, dan mengabdi adalah sebuah kewajiban. (*)

(Penulis Dr. Sri Suryaningsum, S.E., M.Si., Ak.,C.A. adalah Dosen Akuntansi UPNVY dan Kepala Pusat Penelitian UPNVY)


Sumber : Detakpos.com

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya