Susu Kental Manis Jelas Bukan Susu

Posted at 2018-07-05 14:27:00 on OPINI by Yudi Kobo
Ilustrasi susu kental manis (Foto: iStock)

Kali ini penulis mengulas hal yang hangat di beberapa media hari ini. Dahulu penulis sering menginformasikan ke teman - teman jika susu kental manis bukan susu karena melihat kadar gula yang sangat tinggi (lebih dari 60% komposisi bahan)

Perkembangan di masyarakat susu kental manis dengan berbagai merek yang kalian pasti ketahui di dianggap sebagai susu untuk pertumbuhan anak, bahkan tak jarang orang dewasa meminum untuk alasan kesehatan dan kebugaran badan layaknya meminum susu murni.

Kesalahpahaman ini dapat berbahaya karena sebagain besar masyarakat menyamakan susu kenal manis dengan produk susu lainnya seperti susu murni, susu UHT sebagai minuman

susu kental manis telah berhasil "menipu" masyarakat yang justru sering menyajikannya untuk anak, sebagai alternatif dari susu bubuk yang memiliki harga lebih mahal. 

"Sebagai sumber energi iya, tetapi sangat tidak baik apabila energi anak bersumber dari gula," kata Dr.Rita Ramayulis, DCN, M.Kes, seorang dosen Gizi Poltekkes Kementerian Kesehatan Jakarta.

BPOM menerbitkan Surat Edaran Nomor HK.06.5.51.511.05.18.2000 Tahun 2018 tentang 'Label dan Iklan pada Produk Susu Kental dan Analognya (Kategori Pangan 01.3)'.

Ada 4 larangan dari BPOM untuk label susu kental manis.

  1. Label dilarang menampilkan anak-anak berusia di bawah 5 tahun dalam bentuk apa pun dan memakai visualisasi bahwa produk susu kental manis setara dengan produk susu lain.

    "Produsen/importir/distributor produk susu kental dan analognya (Kategori Pangan 01.3) harus menyesuaikan dengan surat edaran ini, paling lambat 6 bulan sejak ditetapkan," tutup surat edaran tersebut.
  1. Dilarang menggunakan visualisasi bahwa produk Susu Kental dan Analognya (Kategori Pangan 01.3) disetarakan dengan produk susu lain sebagai penambah atau pelengkap zat gizi. Produk susu lain, antara lain susu sapi/ susu yang dipasteurisasi/ susu yang disterilisasi/ susu formula/ susu pertumbuhan.
  1. Dilarang menggunakan visualisasi gambar susu cair dan/atau susu dalam gelas serta disajikan dengan cara diseduh untuk dikonsumsi sebagai minuman.
  1. Khusus untuk iklan, dilarang ditayangkan pada jam tayang acara anak-anak.

Direktur Gizi Masyarakat Doddy Izwardi menyebut kandungan gula produk kental manis lebih tinggi daripada kandungan proteinnya. Dia pun menyesalkan iklan di televisi yang menampilkan seolah-olah menjadikan kental manis sebagai minuman bagi keluarga.

Kementerian Kesehatan telah menginformasikan kepada Badan Pengawas Obat dan Makanan selaku pengawas izin edar untuk lebih memperhatikan produk kental manis agar tidak dikategorikan sebagai produk susu bernutrisi untuk menambah asupan gizi," tutur Direktur Gizi Masyarakat Doddy Izwardi

Komisi IX DPR juga akan meminta keterangan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan BPOM untuk mengklarifikasi persoalan susu kental manis.

Wakil Ketua Komisi IX Saleh Partaonan Daulay mengatakan rencananya komisi IX akan melakukan rapat dengan Kemenkes hari ini.

"Sore ini, jam tiga kami akan bertemu dengan Kemenkes. Kami akan tanya soal susu kental manis. Tentu kami akan panggil BPOM juga untuk mengklarifikasi," kata Saleh Kamis (5/7).

Baca Juga : Ternyata Ikan Dori Yang Sering Kalian Makan Adalah Ikan Patin


Sumber : Berbagai Sumber

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya