Mengenal Teknologi VAR di Piala Dunia 2018

Posted at 2018-07-05 17:01:17 on TECH SAINS by Yudi Kobo
The VAR system has proved already it will not eliminate controversy at this World Cup @thetimes

ini merupakan kali pertama teknologi VAR (video assistant referee, video asisten wasit) digunakan di suatu Piala Dunia.

Lalu apa itu VAR ?

Sesuai namanya, video assistant referee teknologi ini digunakan untuk menjadi asisten wasit dalam mengawasi jalannya pertandingan lewat rekaman video.

Disebut asisten karena teknologi ini membantu wasit menganalisis sebuah pelanggaran di lapangan dari video-video yang dipasang di lapangan selama pertandingan.

Presiden FIFA, Gianni Infantino menjelaskan bahwa: "kami ingin memberi perangkat yang dapat memudahkan wasit, sehingga mereka dapat membuat keputusan yang lebih baik. Dan di Piala Dunia dibuat banyak keputusan penting (yang memerlukan bantuan).


@FIFA

Bagimana Cara Kerjanya ?

Dalam pertandingan sepak bola, VAR berperan sebagai wasit tambahan.

Namun wasit yang memimpin pertandingan menjadi satu-satunya yang memiliki akses untuk penanyangan ulang TV dari berbagai sudut yang berbeda untuk mengkaji suatu keputusan.

Wasit yang dibantu video akan selalu mengkaji gol, penalti, dan pemberian kartu merah langsung, walaupun wasit yang bertugas didalam lapangan tidak meminta masukan.


Wasit juga bisa membuat pertimbangan berdasarkan arahan dari petugas VAR lewat headset @fifa

Apabila terjadi kesalahan pengambilan keputusan, maka wasit akan diberitahu. Wasit yang bertugas di dalam lapangan juga dapat merujuk ke VAR apabila tidak yakin tentang suatu keputusan.

Ketika wasit di lapangan membutuhkan bantuan untuk mengambil atau mengklarifikasi keputusan, mereka dapat menonton kembali aksi sebelumnya melalui rekaman video.

Teknis VAR


Denah penempatan kamera teknologi VAR

Terdapat 33 kamera dalam sebuah stadion, 12 kamera merupakan kamera yang bisa menayangkan gerakan lambat super.

Sementara empat kamera lainnya bisa menampilkan gerakan ultra lambat. Dua kamera ultra lambat ditempatkan di belakang tiap gawang. Sementara dua lainnya ditempatkan di area offside.

Sedangkan kamera biasa lainnya digunakan untuk penilaian subjektif, misal apakah bola menyentuh tangan atau tidak.


VOR di tempatkan di moskow untuk memantau semua pertandingan yang terjadi di stadion

Untuk Piala Dunia 2018 di Rusia, asisten wasit bekerja di Video Operation Room (VOR) di International Broadcast Center (IBC), Moskow. Tim ini terdiri dari satu orang VAR dengan tiga asisten VAR.

Selain itu ada juga empat Reply Operator yang akan menyediakan gambar video terbaik sebagai bahan tinjauan. Mereka mengawasi 33 kamera yang ditempatkan di tiap lapangan yang digunakan untuk pertandingan.

Tim VAR punya akses ke seluruh kamera di lapangan, termasuk kamera-kamera yang dipasang oleh Media Right Licensees.

FIFA juga sudah mengembangkan agar sistem VAR bisa diakses oleh televisi, komentator, dan infotainment.

 

Teknologi lain untuk keputusan wasit olahraga lain?

Di olahraga tenis teknologi kamera mata elang sudah digunakan di tenis untuk mengkaji apabila sebuah bola masuk atau dinyatakan keluar.

Teknologi TMO (Television Match Official) digunakan dalam olahraga rugbi untuk membantu wasit di lapangan dalam menentukan sah atau tidaknya suatu aksi.


Sumber : Berbagai Sumber

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya