Pentingnya Kemampuan Interpersonal dalam Berkarir

Posted at 2018-07-24 18:19:48 on PENGEMBANGAN DIRI by Chohen
Shutterstock

Dahulu, saya pikir tidak perlu lah takut menjadi seorang yang pemalu dan introverted di kantor asal saya bekerja dengan baik. Padahal, “bekerja dengan baik” itu termasuk diantaranya kemampuan interpersonal, kapabilitas kita untuk mengekspresikan visi, tujuan dan pikiran kepada tim yang bekerja dengan kita.

Hal ini pula yang menyebabkan soft skill kemudian menjadi hal yang lebih penting dari hard skill. Karena keterampilan bisa diajari, maka diberkatilah para pekerja yang rendah hati, berpikiran terbuka dan selalu penasaran tentang dunia luar. Karena walaupun mereka masih harus banyak belajar, paling tidak mereka tidak sulit diajari, kan?

Kembali ke topik pentingnya berekspresi di kantor, hal-hal ini adalah mengapa disamping mengasah skill, kita perlu juga akrab teman-teman dan saling sharing:

Memperbanyak Kenalan
Semakin banyak kenalan, tentu semakin banyak pintu terbuka. Itulah kenapa ada kolom referensi yang perlu diisi saat melamar pekerjaan. Selain skill yang mumpuni, perusahaan juga perlu tahu reputasi Anda di aspek sosial supaya perusahaan yakin seseorang mudah diajak bekerja sama.

Membina Komunikasi yang Efektif
Keterampilan interpersonal diperlukan untuk membangun hubungan antara Anda dan rekan sekerja, yang mengarah pada pertukaran ide, informasi, dan keterampilan. Selain itu, Anda membangun rasa saling menghormati dan mempertimbangkan pendapat dan masukan satu sama lain. Komunikasi yang dilakukan dengan cara ini memungkinkan pelaksanaan tugas, manajemen tugas dan penyelesaian tugas.

Menjaga Alur Feedback
Saat ini, salah satu komponen penting untuk tempat kerja yang baik adalah komunikasi yang efektif dan alur feedback yang terbuka. Fokus mendengarkan & keberanian untuk mengemukakan pendapat pada orang lain sangat diperlukan di sini agar semua ide bisa dikeluarkan untuk kemajuan perusahaan. Active listening ini juga yang dimiliki Sundar Pichai, CEO Google yang terkenal selalu bisa memberi feedback yang cocok bagi rekannya,

Tunjukkan Kepekaan Anda
Tidak sebatas komunikasi untuk kepentingan pekerjaan, komunikasi interpersonal juga terlihat saat Anda peduli dengan teman sekantor. Kepekaan ini membuat Anda lebih perhatian saat mengambil keputusan, karena sudah mempertimbangkan berbagai situasi sosial rekan seprofesi.

Melatih Empati
Diperlukan perhatian dan kepekaaan yang tinggi untuk mempimpin. Berusahalah untuk memahami apa yang mungkin menyita fokus karyawan Anda, baik di dalam maupun di luar pekerjaan. Pada akhirnya, setiap karyawan memiliki kehidupannya sendiri di luar batas tempat kerja, dengan serangkaian tantangan dan kesengsaraan mereka sendiri. Memahami mereka akan menciptakan kesetiaan, meningkatkan moral (yang sangat penting bagi produktivitas) dan meningkatkan efektivitas komunikasi.

Source: https://www.careeraddict.com/, https://www.wikijob.co.uk/ https://study.com

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya