Sarabba Rajana Produk Binaan Fakultas Pertanian UPN Veteran Yogyakarta

Posted at 2018-08-15 19:56:00 on PRESTASI by Yudi Kobo
Faisal Basri mantan Ketua SKK Migas menikmati Sarabba Rajana

Berbagai daerah di nusantara menyimpan berbagai hidangan di Sulawesi Selatan yaitu tepatnya di Luwu utara, Desa Pararra. Ada minuman Khas Sulawesi Selatan ini memiliki aroma segar menyehatkan dengan rasa yang sedikit pedas, tidak hanya menggoda lidah untuk segera menyeruputnya tetapi juga bisa menjadi ketagihan.

Sarabba minuman khas Luwu Utara, Sulawesi Selatan banyak yang bilang minuman yang rasanya seperti perpaduan bandrek dan bajigur. Berbahan dasar kelapa, gula aren, jahe, kayu manis dan merica.

Desa Pararra

Warga Desa Pararra yang umumnya hidup sebagai petani dibuat makin kreatif. Melalui program desa binaan dari Fakultas Pertanian UPN Veteran Yogyakarta. Sarabba kini di kemas kedalam kemasan instan hingga pengunjuk bisa membawa Sarabba pulang ke rumah dengan mudah.

Dengan kemsan yang menarik, memiliki Izin P-IRT dan sertifikat Halal dari MUI. warga desa senang awalnya hanya bisa menjual gula aren yang sebagai bahan dasar minumna Sarabba 20.000 rupiah per Kilogram, kita dengan membuatnya jadi minuman instan kemasan  menjadi dengan nilai jual  bisa mencapai lebih dari 100.000 rupiah per Kilogram.

Kini Sarabba Rajana menjadi salah satu produk oleh – oleh  terkenal di Sulawesi Utara yang sudah dikemas dalam bentuk bubuk.

ke 3 dari kanan Drs. M. Husain Kasim, MP. Dosen Fakultas Pertanian UPN Veteran Yogyakarta, bersama warga desa UKM binaan Pararra

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya