PKK-BN FISIP 2018: “Muda Kreatif, Muda Meng-inspirasi”

Posted at 2018-08-18 08:47:18 on SEPUTAR KAMPUS by Redaksi

Perkembangan globalisasi dan munculnya revolusi industri 4.0, telah menuntut kesiapan dan kualitas sumber daya manusia Indonesia yang unggul dan memiliki daya saing global. Perguruan tinggi sebagai institusi pendidikan tinggi memiliki peran strategis untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, baik secara hard skills maupun soft skillsnya. Kualitas sumber daya manusia dalam konteks ini adalah kualitas lulusan perguruan tinggi. Kualitas lulusan sangat ditentukan oleh kualitas proses yang dilaksanakan oleh perguruan tinggi. Tahapan pertama dalam sebuah proses tersebut adalah pengenalan kehidupan kampus (PKK) bagi mahasiswa baru atau sebelumnya dikenal dengan orientasi pengenalan kehidupan kampus (OSPEK). PKK ini menjadi sangat penting bagi mahasiswa baru dalam rangka mempersiapkan lulusan atau sumber daya manusia berkualitas karena PKK ini merupakan aktivitas pertama bagi mahasiswa dalam mengikuti pendidikan di perguruan tinggi. Aktivitas pertama ini dijadikan momentum untuk mengenalkan dan meletakan pondasi bagi mahasiswa tentang sistem pendidikan dan strategi untuk meraih keberhasilan studi di perguruan tinggi.

 

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Asep Saepudin, SIP,M.Si mengatakan PKK di UPN “Veteran” Yogyakarta dikenal dengan PKK-BN atau Pengenalan Kehidupan Kampus Bela Negara. Penggunaan nama ini dilatarbelakangi oleh karakteristik UPN “Veteran” Yogyakarta sebagai perguruan tinggi yang memiliki ciri khas Bela Negara, seperti tercantum dalam pasal 3 poin (3) Peraturan Menteri Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi  Republik Indonesia, Nomor 85 Tahun 2017 Tentang Statuta Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Penggunaan nama PKK-BN juga menjadi momentum awal untuk mengenalkan dan mulai menanamkan nilai-nilai Bela Negara bagi mahasiswa baru. Oleh karenanya pelaksanaan PKK-BN secara umum bisa dibagi ke dalam 2 bentuk kegiatan utama yaitu pertama, pengenalan kehidupan kampus atau sistem pendidikan mulai dari tingkat universitas, fakultas hingga jurusan dan program studi serta demo Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di UPN “Veteran” Yogyakarta. Kegiatan ini dilakukan selama 4 hari.  Kegiatan kedua adalah pengembangan karakter melalui pengenalan nilai-nilai bela Negara. Kegiatan ini terdiri dari 2 sub kegiatan yaitu kegiatan yang bersifat outdoor atau kegiatan outbond dan kegiatan yang bersifat tutorial dan diskusi di kelas. Kegiatan outbond bertujuan menumbuhkan nilai-nilai kedisiplinan, jiwa korsa dan kerjasama. kegiatan ini didampingi oleh Akademi Angkatan Udara (AAU) Yogyakarta. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari. Kegiatan tutorial dan diskusi dikelas diisi dengan penyampaian materi tentang Bela Negara oleh fasilitator serta diskusi interaktif antar mahasiswa tentang isu-isu korupsi dan radikalisme. PKK-BN UPN “Veteran” Yogyakarta tahun 2018 dilaksanakan pada tanggal 13-18 Agustus 2018 di 2 lokasi yaitu Kampus I di Condong Catur serta Kampus II di Babarsari.

 

“Pelaksanaan PKK-BN di FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta mengambil tema “MILLENIAL” (Menginspirasi, Intelektual, Cemerlang) dengan taglinenya “Muda Kreatif, Muda Menginspirasi”. Tema dan Tagline yang dipilih didasarkan pada perkembangan zaman saat ini yang dikenal revolusi industri 4.0 dimana teknologi, khususnya teknologi informasi dan social media, telah merubah pola hidup, pola pikir dan pola tindak manusia. Keberadaan teknologi informasi dan social media ini bisa berdampak positif dan negatif. Tema ini diangkat dengan harapan dan mengingatkan kembali kepada mahasiswa baru FISIP perlunya kecerdasan dalam memanfaatkan teknologi informasi dan social media secara positif dan menjadikan teknologi informasi dan media social sebagai sarana untuk memperkuat kerjasama antar mahasiswa baik di tingkat jurusan maupun antara jurusan di FISIP, meningkatkan kecerdasan, memunculkan inspirasi, mengembangkan kecendikiawanan, serta dalam rangka menjadi manusia yang unggul dan berdaya saing di era global. Hal ini sesuai dengan Visi FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta yaitu “menjadi fakultas terkemuka di Asia yang dilandasi nilai-nilai bela Negara di era global pada tahun 2039,” tambah Dosen Fisip.

 

Asep menambahkan PKK-BN di FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta diikuti oleh 456 mahasiswa baru, yang terdiri dari Jurusan HI 131, Jurusan AB 145, Prodi S1 IK 148 dan Prodi Humas 32. PKK-BN di FISIP dibagi dalam 2 kegiatan yaitu PKK-BN tingkat Fakultas dilaksanakan pada tanggal 13 Agustus 2018 dan PKK-BN tingkat Jurusan pada tanggal 14 Agustus 2018 di Kampus II UPN “Veteran” Yogyakarta. Materi yang disampaikan dalam PKK-BN tingkat Fakultas meliputi profil FISIP secara umum yang disampaikan oleh Dekan FISIP, Dr. Machya Astuti Dewi, M.Si, kegiatan akademik dan program kreativitas mahasiswa (PKM) yang disampaikan oleh Dr. Hastho Joko Nur Utomo (Wakil Dekan Bidang Akademik dan Sistem Informasi), sukses belajar di perguruan tinggi menuju lulusan berdaya saing global dan berkarakter bela negara oleh Asep Saepudin, SIP, M.Si (Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama), serta Organisasi Kemahasiswaan di FISIP oleh Mahendra (Ketua BEM FISIP). Selain materi yang disampaikan melalui tutorial, juga diadakan “Mini Study” dimana mahasiswa diberi satu kasus dengan permasalahannya dan mahasiswa akan berdiskusi dan diminta presentasi untuk menyampaikan hasil diskusinya berupa solusi dari permasalahan tersebut. Di sela-sela perpindahan materi, mahasiswa baru akan diajak untuk ice breaking dan games. Ice breaking yang dilaksanakan berupa tari banana, instruksi bentuk kelompok dan tebak orang ketiga. Estafet sarung, tebak gaya dan estafet gambar merupakan games yang dilaksanakan untuk lebih menghidupkan suasana. Kegiatan PKK-BN tingkat Fakultas ditutup dengan pengambil gambar formasi mahasiswa baru. Materi PKK-BN di tingkat jurusan secara umum meliputi: profil jurusan, sistem pembelajaran dan kurikulum, success story dari alumni, campus tour ke laboratorium dan sarana pendidikan lainnya, serta pengenalan organisasi kemahasiswaan di jurusan seperti Kelompok-kelompok studi mahasiswa. Sedangkan materi khusus untuk tiap jurusan/prodi yaitu: Festival Budaya Show Time (Jurusan HI), Talkshow Bussiness (Jurusan AB), serta Eksibisi Konsentrasi (Jurusan IK). 

 

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya