Pengenalan Kehidupan Kampus Bela Negara | Hari ke - 4

Posted at 2018-08-18 09:12:00 on SEPUTAR KAMPUS by Yudi Kobo

Hari ke empat Pengenalan Kehidupan Kampus Bela Negara (PPKBN) 2018, mahasiswa baru mengikuti rangkaian kegiatan outbond dan pendidikan karakter bela negara yang dipandu instruktur berpengalaman dari Akademi Angatan Udara (AAU).

Terlihat mahasiswa dijemur di tengah terik matahari latihan baris berbaris, kemudian kelompok gugusan di pecah dan dipersatuan dengan cerita yang instruktur sampaikan mengandung setiap bilangan yang disebutkan peserta harus membuat kelompok dengan total bilangan tersebut sampai pada akhirnya bilang SATU kemudian mereka berbaris dengan rapih kembali.

Pelatihan ini merupakan bentuk kesertaan warga Negara dalam bela Negara. Mahasiswa memiliki tanggungjawab dalam keutuhan dan kedaulatan Negara dalam menghadapi tantangan global.

“Mahasiswa sebagai kaum intelektual harus senantiasa menikmati dinamika kecenderungan perkembangan lingkungan strategis, sekaligus memahami hakikat tantangan dan ancaman yang berkembang. Hal ini memiliki implikasi terhadap seluruh aspek kehidupan nasional termasuk aspek pertahanan Negara,” kata Gubernur AAU pada sambutannya yang dibacakan Direktur Pendidikan AAU saat pembukaan pelatihan.

Usai kegiatan pelatihan, acara ditutup dengan tarian Maumere yang diikuti oleh seluruh peserta dan panitia.

“Tarian Maumere sengaja ditampilkan sebagai penutup kegiatan hari ini karena materi dari awal hingga akhir membentuk mahasiswa menjadi satu kesatuan yang akrab,” kata Markus Kusnardijanto, Kasubbag Kerjasama dan Humas.

 

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya