Tips Tetap Waras Saat Kuliah Sambil Kerja

Posted at 2018-08-18 09:25:00 on PENGEMBANGAN DIRI by Chohen

Anggaplah kamu adalah one in a million. Salah satu mahasiswa langka yang menyempatkan diri untuk bekerja sambil kuliah. Alasannya tentu bukan hanya kerajinan, tapi karena kamu ingin mengurangi beban orang tua, senang bekerja dan senang jadi mahasiswa yang aktif. Tapi akan tiba saatnya ketika tugas kuliah mulai terasa kejam, dan kamu mulai sedikit mikir dua kali untuk melanjutkan perjuangan. Berikut adalah tips agar kamu bisa membagi 24 jam harimu dengan efektif!

Jadwal, jadwal, jadwal

Membuat jadwal tidak bisa tanpa kedisiplinan, itu jelas. Mulai dengan merunut pekerjaan apa yang harus kamu selesaikan hari ini dan commit untuk menyelesaikannya dalam jangka waktu yang sudah kamu rancang. Jangan terlalu longgar, jangan juga terlalu memaksakan diri. Kamu memerlukan 2 hal saat menjalani semua jadwalmu: disiplin dan fokus. Mulailah melatih kedua hal ini sembari menyesuaikan jadwal yang paling tepat untukmu.

Buat Skala Prioritas

List semua pekerjaan yang harus dilakukan dan urutkan berdasarkan bobot pekerjaan, atau yang paling mudah: urutkan berdasarkan tenggat waktu atau deadline. Dengan cara itu kamu bisa mengatur timeline yang pas untuk mengerjakan masing-masing tugas tepat waktu.

Pahami Bahwa Sekolah Tetap yang Utama

Ingat, ya. Ini kuliah sambil kerja, bukan kerja sambil kuliah. Masa sudah melewati ujian yang sedemikian sulit dilepas begitu saja? Sebagaimanapun sibuknya kamu di tempat kerja, kegiatan perkuliahan tidak boleh dilewatkan. Sesuaikan jam kerja dengan jadwal kuliah dan membuat tugas. Tentunya, pastikan kamu sudah berdiskusi dengan atasan bahwa kamu harus membagi waktu kerja dengan kuliah, sehingga atasanmu (semoga) akan lebih pengertian saat kamu harus mendadak ke kampus untuk alasan tertentu.

Belajar Jahat

Orang yang bekerja sambil menjalani pendidikan seringkali minim waktu istirahat. Masalahnya, terkadang para orang-orang ini yang dinilai bisa diandalkan untuk mengerjakan sesuatu dengan baik. Jika kamu memang sukarela menyediakan waktu, tentu sah-sah saja. Namun ketika dirasa sudah mulai menyentuh batas kemampuan, belajarlah mengatakan tidak. Jangan sampai kamu mengalami mental breakdown alias stress sendiri karena berusaha menyenangkan orang lain dan mengesampingkan waktu istirahatmu yang penting!

Istirahat Cukup & Tetap Terhibur

Rasanya kurang tidur dan kurang hiburan itu sudah jadi sahabat dekat untuk para pejuang ini. Tapi selipkanlah jadwal senang-senang di tengah padatnya aktivitasmu. Ketemu teman lama di malam minggu sambil ngobrol di angkringan sekali-sekali tidak akan membuat kesibukanmu luluh lantak. Ingat, bagaimanapun sibuknya, kamu masih muda. Masih mahasiswa. Masih banyak serunya kehidupan pelajar yang perlu kamu nikmati di tengah padatnya kesibukanmu. Maka, nikmatilah masa-masa ini sebaik mungkin, ya!

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya