Silat Mempersatukan Dua Tokoh Besar Bangsa

Posted at 2018-08-31 17:13:00 on PRESTASI by Yudi Kobo

PENCAK SILAT

Pencak silat adalah seni bela diri tradisional Indonesia, yang tersebar di seluruh negeri dan bahkan ke Burnei, Malaysia, Singapure, dan Thailand. Pencak silat dinilai dari pukulan, tendangan, sapuan, dan bantingan. Target yang harus diatasi adalah pelindung di tubuh setiap petarung yang berkompetisi. Pencak silat ditampilkan pertama kali di Asian Games.Pencak Silat adalah seni bela diri non-agresif dari pulau-pulau Indonesia / Melayu. Ada ratusan bentuk Pencak Silat yang berbeda.

Berkat peranan para pelatih asal Indonesia, kini Vietnam juga telah memiliki pesilat-pesilat yang tangguh. Induk organisasi pencak silat di Indonesia adalah Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI). Organisasi yang mewadahi federasi-federasi pencak silat di berbagai negara adalah Persekutuan Pencak Silat Antara Bangsa (Persilat), yang dibentuk oleh Indonesia, Singapura, Malaysia dan Brunei Darussalam.

Pencak Silat dimasukkan ke Asian Beach Games pada tahun 2008 dan Asian Indoor Games pada tahun 2009.

ASIAN GAMES 2018


Sejauh ini, Indonesia sukses meraih 30 medali emas di ajang Asian Games 2018. 14 medali emas, di antaranya diperoleh dari cabang olahraga Pencak Silat dari 16 kategori yang dipertandingkan. Benar - benar prestasi yang membanggakan ya.

Pelaksanaan event ini mencerminkan Indonesia yang utuh. Terlebih, pada pertandingan pencak silat, tokoh-tokoh bangsa turut hadir.

MOMEN HEBAT

Prabowo dan Presiden Joko Widodo sama-sama hadir dalam pertandingan di Padepokan Pencak Silat di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta. Berawal saat Hanifan yang baru saja dikalungi medali emas naik ke tribun VIP tempat Jokowi dan Prabowo duduk menonton pertandingan.

Hanifan lantas mencium tangan Jokowi dan Prabowo. Setelah itu Hanifan merangkul kedua tokoh itu hingga berpelukan erat. Momen pelukan pasalnya Presiden Joko Widodo dengan Ketua Umum Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI), Prabowo Subianto yang menjadi rival di pemilihan Presiden 2019 mendatang.

CNN Indonesia : Hesti Rika

Penonton pencak silat berteriak antusias menyaksikan momen langka Jokowi dan Prabowo berpelukan.

"Terima kasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh anak bangsa yang bisa memberikan torehan jauh lebih banyak dari sebelumnya. Kepada masyarakat yang telah mendukung. Semua berjuang dengan darah dan keringat untuk harkat dan martabat Indonesia,"Chef de Mission (CdM) Asian Games, Syafruddin

Pencak silat menyatukan dua tokoh yg akan bersaing dalam kemegahan Indonesia.

Silat disebut dalam website asiangames.id meningkatkan dan memperkuat kesadaran diri, disiplin diri, integritas, tanggung jawab, kesetiaan dan kerjasama.

Sumber :
- asiangames2018.id
- cnnindonesia.com
- idntimes.com

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya