UPN “Veteran” Yogyakarta Berpartisipasi dalam The 11th CRISU-CUPT International Conference 2016 di Thailand

Posted at 2016-11-08 07:00:00 on SEPUTAR KAMPUS by Redaksi
Foto: upnyk.ac.id

UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNYK) menjadi salah satu peserta dalam The 11th CRISU-CUPT International Conference 2016 di Thailand pada 28-31 Oktober 2016. CRISU (Council of Rector of Indonesian State Universities) dan CUPT (Council of University President of Thailand) setiap tahun mengadakan konferensi sebagai bentuk persahabatan antara perguruan tinggi di Thailand dan Indonesia.

Pada perhelatan yang ke-11 ini, Maejo University, Chiang Mai, bertindak sebagai tuan rumah. Tema besar yang diusung yaitu “Global Challenge for the Future of Universities Toward Having A Green Economy”. Sebagai pembuka kegiatan, diadakan trilateral konferensi yang membahas isu tentang green development  dengan tiga pembicara representatif dari Indonesia, Thailand, dan Perancis.

Delegasi UPNYK dipimpin langsung oleh rektor Prof. Dr. Ir. Sari Bahagiarti K., M.Sc, didampingi Dr. Machya Astuti Dewi, M.Si (Dekan Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik), Dr. Ir. Suharsono, M.T (Dekan Fakultas Teknologi Mineral), dan Partoyo, S.P, M.P, Ph.D (DekanFakultas Pertanian). Turut serta pula dua delegasi mahasiswa yaitu Cecelia Dwi W (Ilmu Komunikasi) dan Wisnu Harimurti (Teknik Geologi).

CRISU-CUPT Conference terdiri dari tiga forum yakni forum rektor, forum dekan, dan forum mahasiswa. Berbagai  kerja sama university to university  telah digagas dari ketiga forum tersebut, seperti presentasi hasil-hasil penelitian masing-masing universitas dari kedua negara, kerja sama penelitian, pertukaran dosen, staf, dan mahasiswa.

Khusus forum mahasiswa di tahun ini mengangkat topik “Strengthening Indonesian-Thai Student Interaction to Prepare ASEAN Future Leaders”. Dalam forum diskusi ini, para delegasi mahasiswa membahas bagaimana caranya menguatkan hubungan interaksi antara kedua negara demi mempersiapkan calon pemimpin bagi ASEAN. Tak hanya dari Indonesia dan Thailand, forum ini juga menghadirkan beberapa mahasiswa pertukaran pelajar dari Filipina dan China untuk bertukar pengalaman dan turut serta memberikan aspirasinya tentang kepemimpinan anak muda di ASEAN.

Pada hari terakhir berlangsung kunjungan ke kampus Maejo University dan area pertaniannya. Maejo University mempunyai keunggulan di bidang pertanian, dan pengembangan pertanian di universitas ini merupakan yang terbaik di Thailand.

Setiap tahun ajang ini dilakukan bergantian di universitas dari kedua negara. Tahun 2017 nanti, Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Aceh bertindak sebagai tuan rumah. Sampai jumpa di Aceh!


Sumber : upnyk.ac.id

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya