Efek Buruk Merasa Kesepian di Kantor Mempengaruhi Kinerja Lho!

Posted at 2017-03-22 17:05:00 on PENGEMBANGAN DIRI by Redaksi

Banyak tempat kerja di luar sana yang memiliki suasana kerja yang menyenangkan dan hangat, dengan karyawan yang dekat dan akrab satu sama lain. Tapi tak jarang juga kantor yang walaupun dihuni banyak karyawan, namun suasananya terkesan dingin, kaku, dan masing-masing orang nampak sibuk sendiri. Tak ayal, karyawan bisa mengembangkan rasa kesepian di tengah lingkungan seperti ini.

Namun ada juga kasus di mana seorang karyawan merasa kesepian karena tak cocok dengan cara pertemanan karyawan lain di kantor, atau merasa tak sejalan dengan sifat dan gaya hidup kolega-koleganya. Memang, banyak orang memilih untuk bekerja sendirian tanpa diganggu, namun ketika rasa sepi muncul dari kurangnya hubungan sosial yang bermakna, atau perasaan terisolasi dari rekan sekantor, efeknya yang tak diinginkan seperti depresi dan isu mental lainnya bisa muncul. Kinerjanya pun bisa terkena dampaknya.

Studi yang dilakukan California State University dan Wharton School of Business menemukan bahwa rasa sepi dan terkucil di kantor berhubungan dengan rendahnya kompetensi dan efisiensi dalam melakukan pekerjaan, sehingga karyawan sulit bekerjasaman dengan tim dan menunjukkan hasil kerja yang maksimal. Karyawan yang kesepian juga merasakan kurangnya ikatan emosional pada perusahaan dan rendahnya rasa kepemilikan terhadap pekerjaannya.

Sebuah riset lain yang diterbitkan di The International Journal of Human Resource Management juga mengemukakan hal serupa. Karyawan yang kesepian cenderung malas mencoba tantangan baru, sehingga karier mereka menjadi mandek.

Sebaliknya, jika seorang karyawan memiliki teman baik, satu atau lebih, di tempat kerja, maka dia akan bekerja dengan lebih semangat dan berdedikasi, demikian yang ditemukan lembaga survei Amerika Serikat, Gallup. Hubungan baik dengan sesama karyawan menciptakan keterikatan dengan perusahaan dan pekerjaan.

Memiliki teman baik di kantor adalah sesuatu yang sehat untuk karier, karena kamu bisa saling berkeluh-kesah ketika ada masalah dengan atasan, pekerjaan, ataupun masalah pribadi. Begitu juga dengan kesenangan, kamu dan teman kantormu bisa saling berbagi cerita dan canda.  

Karyawan yang merasa memiliki teman-teman baik di kantor juga lebih loyal, karena merasa lingkungan kerja mereka nyaman dan suportif. Dengan adanya teman-teman baik dan menyenangkan di kantor, kamu pasti berpikir seribu kali untuk resign, bahkan jika atasanmu menyebalkan atau gajimu tak sebesar teman di perusahaan tetangga.

Namun jika sudah beberapa lama ini kondisinya sangat tidak menyenangkan, atau setelah berusaha dekat dengan teman-teman kantor pun kamu tetap merasa kesepian, mungkin kamu ingin mempertimbangkan kemungkinan baru, seperti pindah divisi, atau bahkan melamar di perusahaan lain. Apalagi jika kamu sudah mulai merasa tertekan saat bangun pagi, mengetahui hari itu kamu harus menghabiskan waktu di kantor.

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya