UPN Veteran Yogyakarta Berpartisipasi dalam 35th International Geological Congress (IGC) 2016, Cape Town, Afrika Selatan

Posted at 2016-09-20 14:15:00 on SEPUTAR KAMPUS by Redaksi

International Geological Congress merupakan kongres sedunia para ahli ilmu kebumian pada umumnya, dan geologi pada khususnya. Kegiatan ilmiah tersebut diselenggarakan secara rutin setiap 4 (empat) tahunan oleh International Union of Geosciences (IUGS). Pada tahun ini IGC dilaksanakan di Cape Town, Afrika Selatan, pada tanggal 28 Agustus hingga 2 September 2016, dihadiri oleh sekitar 7000 geosaintis dari seluruh dunia.

Atas dukungan dari Kedutaan Besar RI untuk Afrika Selatan di Pretoria, Prof. Dr. Sari Bahagiarti K., M.Sc dan Prof. Dr. Ir. C. Danisworo, M.Sc mewakili UPN “Veteran” Yogyakarta, berpartisipasi dalam IGC. Prof. Dr. Sari Bahagiarti K., M.Sc mempresentasikan paper berjudul “Eruption of Mount Sinabung, North Sumatera, Indonesia, and SMS Gateway for Disaster Early Warning System”. Sementara Prof. Dr. Ir. C. Danisworo, M.Sc memberi paparan dengan topik “Yogyakarta and Its Surrounding as Geotourism Destination: Alternative Media to Transfer Sciences and Geological Information to The Society”. Selain kedua Guru Besar tersebut, alumnus Prodi Teknik Geologi, Ernowo S.T. M.T., dan Ayu Narwastu Ciptahening, S.T., M.Eng turut mengharumkan nama almamater dengan memaparkan karya-karya ilmiah mereka masing-masing di dalam perhelatan tersebut.

Di samping mengikuti IGC ke-35, delegasi UPN Veteran Yogya berkesempatan melakukan penjajagan kerja sama dengan Western Cape University (WCU). Adapun dari WCU diwakili oleh Prof. Dirk Frei, Dekan Faculty of Natural Science. Bidang-bidang yang akan dikerjasamakan antara lain ekonomi dan manajemen, ilmu sosial, rekayasa, perminyakan, manajemen bencana, serta warisan geologi. Penjajagan kerjasama ini diharapkan dapat segera ditindaklanjuti dengan penandatanganan MOU antara kedua universitas.


Sumber : upnyk.ac.id

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya