Jalan Panjang Pabrik Semen Rembang, Dicabut hingga Diizinkan Operasi

Posted at 2017-03-24 20:00:00 on OPINI by Yudi Kobo
dok. PT Semen Indonesia

PT Semen Gresik yang telah menganti nama PT Semen Indonesia adalah perusahaan plat merah menuai banyak pro dan kontra terkait perizinan dan dampak lingkungan saat proses pembangunan pabriknya di Rembang Jawa Tengah.

Berikut Kronologi Penerbitan izin lingkungan dan aksi lainnya.

15 Agustus 2016
Laporan Rencana Pengelolaan Lingkungan ( RPL) dan Rencan Kelola Lingkungan ( RKL) PT Semen Indonesia,  di terima BLH Jawa Tengah.

13 September 2016
PT Semen Indonesia mengajukan permohonan perubahan izin lingkungan.

  1. perubahan nama perusahaan dari PT semen Gresik (perseo) Tbk menjadi PT Semen Indonesia (Presero) Tbk.
  2. ada perubahan luas penambangan batu kapur, tanah liat dan akses jalan

15 Oktober 2016
MA melalui siding PK memutuskan membatalakan keputusan Gubernur Jateng Nomor 600.1/17 tahun  2012 tentang izin lingkungan kegiatan penambangan dan pembangunan pabrik semen oleh Semen Gresik yang di ubah menjadi Semen Indonesia.

9 November 2016
Gubernur Jateng menadatangani SK Nomor 660.1 /30 Tahun  2016 tentang Izin Lingkungan Kegiatan Penambangan Bahan Bakun Semen dan Pembangunan serta Pnegoperasian Pabrik Semen di Kabupaten Rembang.

15 November  2016
KLHK selaku Ketua Tim Penyusun KLKS mengundang tim pakar KLHS, Gubernur Jateng Gubernur Jatim , dan 7 Bupati, terkait rapat penyusunan KLHS. Gubernur Ganjar tak menjelaskan dalam forum ini bahwa dirinya telah menerbitkan izin lingkungan baru atas permintaan Semen Indonesia.

17 November 2016
Gubernur dan Badan Lingkungan Jateng menerima Salinan putusan PK MA.

5 - 9 Desember 2016
Long March Kawal Kendeng Rembang – Semarang
Kawan-kawan saat ini sedang berjalan kaki dari Rembang menuju Semarang. Walau sudah menang di MA atas penolakan pabrik Semen Indonesia pada tgl 5 Oktober 2016, pabrik tetap ngotot berdiri,didukung pernyataan menteri BUMN.

9 Desember 2016
Jaringan Masyarakat Peduli Pengununga Kendeng (JMPPK) mendatangi Kantor Gubernur Jateng di Semarang. Izin lingkungan baru untuk Semen Indonesia terungkap.

16 Januari 2017
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mencabut izin lingkungan PT Semen Indonesia

Pencabutan izin tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Gubernur No 660.1/4 Tahun 2017 tertanggal 16 Januari 2017 tentang Pencabutan Keputusan Gubernur Nomor 660.1/30 Tahun 2016 tentang Izin Lingkungan Kegiatan Penambangan Bahan Baku dan Pembangunan serta Pengoperasian Pabrik Semen PT Semen Indonesia (Persero) Tbk.

Gubernur juga memerintahkan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk menyempurnakan dokumen adendum amdal (analisis mengenai dampak lingkungan) dan Revisi Rencana pengelolaan Lingkungan dan Rencana Pemantauan Lingkungan (RKL-RPL). Hal itu didasari putusan peninjauan kembali Mahkamah Agung Nomor 99 PK/TUN/2016 tanggal 5 Oktober 2016.

Senin, 13 Maret  2016
10 Petani Kendeng Menyemen Kaki di  Pelantaran Lap. Monas Jakarta
Belasan petani Kendeng, Pati, Jawa Tengah, menggelar aksi protes atas pembangunan pabrik semen di wilayah mereka sambil duduk di kursi besi di depan pintu Monas yang berhadapan dengan Istana Merdeka, mereka menggelar aksi protes dalam diam. Hanya topi caping bertulisan 'Tolak Pabrik Semen' yang menjadi suara penolakan mereka.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menerbitkan izin untuk PT Semen Indonesia, yang ditandatangani lewat Keputusan Gubernur Nomor 660.1/6 Tahun 2017 tentang Izin Lingkungan Kegiatan Penambangan dan Pembangunan Pabrik Semen PT Semen Indonesia di Kabupaten Rembang.

18 Maret 2016
Hari ke – 6 Peserta aksi protes mencor kaki dengan semen bertambah di kantor LBH Jakarta Pusat.

20 Maret 2017
Petani dari kawasan Pegunungan Kendeng yang melakukan aksi protes mengecor kaki dengan semen menemui Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pertemuan yang berlangsung sekitar satu jam itu, disebut tak menghadirkan solusi bagi para petani.

April 2017
Presiden Direncanakan Resmikan Pabrik Semen di Rembang

"Insyaallah kami targetkan April. Cuma persis tanggalnya belum tahu. Saya akan laporkan kunjungan saya ini ke Bapak Presiden dan mengusulkan bagaimana kita dapat mengoperasikan ini," kata Rini (Menteri BUMN) seusai kunjungan, Jumat (17/3/2017).

Hanya ada satu syarat yang belum dipenuhi, yaitu kajian lingkungan hidup strategis (KLHS), yang akan rampung bulan April untuk wilayah tambang pabrik semen.

Pemprov Jawa Tengah akhirnya menerbitkan izin lingkungan untuk PT Semen Indonesia yang mendirikan pabrik di Kabupaten Rembang.

 

 

Sumber Pendukung

Video Polemik Pabrik Semen di Kendeng Menurut Gubernur Jawa Tengah

https://www.youtube.com/watch?v=sRF_9afNqc4

Ini Penjelasan Ilmiah Penambangan di Rembang oleh Dr Budi Sulistijo

http://news.detik.com/berita/d-3446869/isu-rusak-lingkungan-ini-penjelasan-ilmiah-penambangan-di-rembang


Sumber : Berbagai sumber

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya