5 Tempat Ideal di Bali untuk Petualangan Sepeda Lintas Alam

Posted at 2017-04-18 16:10:00 on ARTIKEL by Redaksi
Foto : Great Bali Trekking

Kring, kring, gowes gowes! Siapa bilang liburan selalu identik dengan badan melar? Aktivitas seru di Bali ini dijamin bakal bikin badan sehat dan bugar selama berlibur, dan pulang liburan, berat badan nggak akan bertambah. Selain bikin sehat, aktivitas ini juga bikin dekat dengan alam. Apalagi kalau bukan bersepeda lintas alam, menjelajahi pemandangan indah pulau Bali?

Yang paling keren, selama bersepeda, kalian bakal dimanjakan dengan pemandangan hamparan padi yang menghijau, danau yang permukaannya bagai cermin, pegunungan megah di latar belakang, perkampungan warga, hingga hutan hujan yang sejuk dan sedikit misterius.

Tenang saja, kalau capek, kalian bisa istirahat sambil menikmati hidangan khas Bali dan kue-kue tradisional di tengah alam yang begitu cantik. Siapa yang bisa nolak coba?

Untuk bersepeda di Bali, kalian bisa memesan paket bersepeda yang biasanya sudah termasuk sepeda dan helm, air mineral, jas hujan, handuk dingin, buah, kue tradisional, makan siang prasmanan, teh dan kopi, serta asuransi. Waktu tempuhnya bervariasi, antara 2,5 hingga 4 jam, tergantung jarak dan paket yang diambil.

Kalau kalian tertarik bersepeda lintas alam di Bali, ada beberapa tempat yang bisa kalian pertimbangkan.

Kintamani

Kintamani memang sudah terkenal dengan pemandangannya yang spektakuler. Apalagi udaranya yang dingin, cocok banget untuk sepedaan. Kalian akan berangkat pagi-pagi, melintasi wilayah dataran tinggi dengan pemandangan Danau dan Gunung Batur yang instagrammable banget. Kalian akan bersepeda menjelajahi perkebunan dan pedesaan dengan rumah-rumahnya yang masih tradisional.

Perkiraan harga: Rp250.000 – 400.000 per orang.

Ubud

Ubud merupakan pilihan tepat untuk bersepeda, karena alamnya indah dan udaranya sejuk. Ingat kan adegan Julia Roberts bersepeda di pematang sawah, di film Eat, Pray, Love? Ya itu di Ubud. Kalian bakal berangkat pagi-pagi dan mulai bersepeda melintasi hijaunya sawah di Tegallalang, menyusuri daerah pedesaan yang tenang seperti Desa Taro, melintasi padang ilalang di bukit Campuhan, dan diakhiri makan siang. Happy ending!

Perkiraan harga: Rp250.000 – 300.000 per orang.

Jatiluwih

Walaupun alamnya sama-sama indah, memiliki sawah berundak, dan udaranya sama sejuknya, bersepeda di Jatiluwih akan berbeda dengan di Ubud. Kalian akan melintasi daerah sawah hijau yang amat luas, dengan pemandangan gunung-gunung nan megah di kejauhan. Kalian juga akan melintasi Desa Subak di Jatiluwih, sebelum makan siang.

Perkiraan harga: Rp250.000 – 350.000 per orang.

Batukaru

Bersepeda di kaki Gunung Batukaru Tabanan Bali akan menjadi pengalaman tak terlupakan buat kalian. Eksotisme Pura Batukaru dengan latar belakang gunung, menjelajahi wilayah pegunungan, persawahan dan desa-desa tradisional, melihat sendiri bagaimana warga desa di Bali memetik buah kelapa, memanen kakao dan menanam padi, semuanya sangat berkesan. Udara sejuk, suasana hening dan tenang dijamin akan membuat kalian melupakan segala beban pikiran.

Perkiraan harga: Rp285.000 – 375.000 per orang

Danau Buyan, Bedugul

Untuk pengalaman bersepeda yang nggak biasa, Danau Buyan bisa jadi pilihan tepat. Danau ini berada di Bedugul, bersebelahan dengan “kembarannya” yakni Danau Tamblingan. Udara Bedugul yang sejuk, serta hutan yang meliputi danau bisa kalian nikmati selama bersepeda. Gunung, danau dan perbukitan akan terlihat begitu indah saat kalian melintasi Desa Dasong. Selain bersepeda, kalian bisa melihat lebih dekat kehidupan masyarakatnya, bagaimana mereka menangkap ikan, menanam wortel, stroberi dan anggrek. Tur sepeda Buyan biasanya diakhiri dengan makan siang di Pura Ulun Danu, Danau Beratan.

Perkiraan harga: Rp250.000 – 375.000 per orang.


Sumber : Paketkebali.com

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya