10 Kedai Bakmi Jawa Paling Enak di Jogja

Posted at 2017-05-27 15:51:00 on ARTIKEL by Redaksi
Photo credit Nando Nurhadi

Kalau main ke Jogja, pasti kalian langsung terpikir untuk mencari gudeg ‘kan? Tapi kalian yang tinggal di kota ini pasti tahu kalau di Jogja nggak hanya punya gudeg. Hidangan lain yang nggak kalah nikmatnya adalah Bakmi Jawa, yang tentu saja berbeda dengan bakmi pada umumnya.

Iya sih, kita memang bisa menemukan resto bakmi Jawa di tempat-tempat lain, tapi rasanya dijamin nggak akan sama dengan yang ada di Jogja.

Lalu apa sih istimewanya Bakmi Jawa? Pertama, kalau di Jogja, mereka memasaknya dengan cara tradisional menggunakan arang, so rasa dan aromanya sudah pasti beda. Kedua, proses memasaknya juga tidak asal; semua dimasak satu persatu, untuk menjamin rasanya enak. Proses persiapannya memang makan waktu, tapi semuanya akan terbayar.

Kalau gudeg memang cenderung manis, bakmi Jawa ini rasanya gurih nikmat. Kalau penasaran, kalian bisa langsung mampir ke beberapa kedai bakmi Jawa yang recommended ini.

Bakmie Lethek Mbah Mendes

Mie Lethek adalah mie istimewa khas daerah Bantul. Menurut beberapa pecinta kuliner, warung bakmi yang berada di dekat Lotte Mart Maguwoharjo menjual bakmi lethek paling enak di Jogja. Mie Lethek yang ada di sini di antaranya mie godog, mie goreng, plencing (mie pedas) godog, dan plencing goreng.

Pertama kali mencicip, kalian akan merasakan rasanya sangat khas, dengan kuah yang segar nikmat. Terasa bumbu yang terbuat dari bawang putih, dan konon menggunakan rempah rahasia. Plencing godog dilengkapi dengan campuran telur, wortel dan tahu.

## Cikal Bakal (11:00 – 22:00) :
– Sorobayan, Gadingsari , Sanden, Bantul.

## Mi Lethek Mbah Mendes Maguwoharjo (11:00 – 22:00) :
– Jl Ring Road Utara (sebelah Utara Lotte Mart atau belakang Pom Bensin), Sarirejo, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta. Kode Pos : 55282

## Mi Lethek Mbah Mendes Jl Parangtritis (16:00 – 22:00) :
Jl Parangtritis Km 3,5 Salakan, Yogyakarta. Telp WA: 0852-9313-7649

Menu Buka Puasa : http://milethek.com/2017/05/25/menu-buka-puasa/

 

Bakmi Mbah Mo

Bakmi Mbah Mo banyak dicari orang, karena bakminya memiliki rasa dan aroma arang yang terasa sedap dan khas. Coba deh makan dengan sambal kecap yang sudah tersedia, nikmatnya bakmi gorengnya yang bercampur dengan irisan sayur, daging ayam, telur bebek dan sambal kecap memang mantap! Bakmi nyemeknya juga enak dan gurih, berkat campuran telur bebeknya.

Alamat: Desa Code, Trirenggo, Bantul.

Bakmi Kadin

dasdad

 

Warna bakmo godog di sini memang agak pucat dan didominasi warna putih. Tapi jangan salah, begitu kamu seruput kuah panasnya bakmi Jawa ini benar-benar gurih. Apalagi dengan adanya telur bebek, makin nikmat! Selain terkenal dengan bakmi-nya, Bakmi Kadin juga terkenal dengan minuman bajigurnya yang enak.

Alamat: Jl. Panembahan Senopati No.6, Wirogunan, Mergangsan, Yogyakarta.

Bakmi Jawa Mbah Hardi Terban

Kedai ini bisa kalian temukan di lokasi pom bensin Terban. Bakmi rebus dan gorengnya kenyal dan besar, dan bumbunya menyerap sempurna ke setiap helai mie-nya. Kuah bakmi rebusnya benar-benar lezat dan gurih, dengan telur bebek yang menambah citarasa.

Alamat: Jl. C. Simanjuntak No. 1, Yogyakarta.

Bakmi Mbah Noto

Bakmi Mbah Noto ini menjual bakmi godog dan bakmi gorengnya yang rasanya benar-benar juara. Campuran mie kuning dan bihun ini dilengkapi dengan kecambah, bawang goreng, kol, muncang, telur serta daging.

Untuk menjaga citarasa, setiap bakmi yang kita pesan dimasak sendiri-sendiri loh! So kalian harus sabar kalo tempatnya lagi ramai ya. Selain bakmi, ayam goreng di sini terkenal enak banget. Ayam kampung yang legit dibumbu bacem kemudian digoreng garing. Nyam!

Alamat: Jl. Jogja-Wonosari KM 4, Gunungkidul, Yogyakarta.

Bakmi Jawa Pak Jiono

Bakmi Jawa yang hanya buka hanya pada hari kerja ini rasanya super sekali. Bakminya campuran antara mie kuning dan bihun, dilengkapi kol, telur bebek dan ayam suwir. Kuah bakminya nikmat dan gurih, pokoknya bakal ketagihan! Bakmi gorengnya juga nggak kalah juara lho.

Alamat: Mutihan, Kota Gede, Yogyakarta.

Bakmi Jawa Mbah Gito

Di warung bergaya antik ini, kalian bisa mencicipi capcay, bakmi rebus, bakmi goreng dan magelangan. Menu yang harus dicicipi adalah Bakmi Spesial, campuran mie kuning dan bihun, taburan ayam, bawang goreng yang disajikan dengan kuah kental. Kuahnya panas, nikmat dan gurih, dengan bumbu yang menyerap ke mie-nya. Jika memesan magelangan, bakmi godognya dicampur dengan nasi.

Alamat: Jl Nyi Ageng Nis No. 9, Peleman, Rejowinangun, Yogyakarta.

Bakmi Jawa Pak Pele

Bakmi Jawa yang ditawarkan di sini, baik godok maupun goreng, dimasak bersama dengan potongan daging ayam kampung, telur, irisan kol. Gurihnya kaldu ayam yang digunakan dalam proses pemasakan membuat rasa bakmi semakin nikmat.

Alamat: Jl. Pojok Tenggara Alun-Alun Utara, Kelurahan Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta.

Bakmi Shibitsu

Kedai bakmi legendaris ini dikenal oleh orang lokal dengan sebutan Bakmi Bisu. Bakmi spesial yang ada di sini terbuat dari dua jenis mi, yaitu mi kuning dan bihun. Saat suapan bakmi hangat pertama menyentuh lidah, kalian bisa ketagihan dengan bumbu nikmat yang meresap sempurna ke setiap helai mie-nya yang tebal. Bakmi ini terasa makin istimewa, karena cacahan daging ayam dan seledri yang dicampurkan ke dalam bakmi.

Alamat: Jl. Bantul No.111, Gedongkiwo, Mantrijeron, Yogyakarta.

Bakmi Jawa Pak Rebo

Warung bakmi ini telah beroperasi sejak tahun 1960-an merupakan warung bakmi Jawa yang legendaris. Rasa bakminya begitu gurih nikmat dan kaya rasa, karena racikan spesial Pak Rebo berhasil mengeluarkan rasa enak dari telur bebek, kaldu ayam dan potongan daging ayam kampung yang dipakai di dalamnya.

Menu spesialnya yaitu bakmi goreng, bakmi nyemek, dan bakmi godog. Nggak heran kalau setiap malam deretan motor dan mobil mengantri ingin makan di sini.


Sumber : Pegipegi.com

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya