Pantai Momong, Mutiara Tersembunyi di Pesisir Barat Aceh

Posted at 2017-05-28 06:00:00 on ARTIKEL by Redaksi
Photo credit Arie Yamani

Pesisir barat Aceh ternyata menyembunyikan banyak mutiara berharga, dan salah satunya adalah Pantau Momong yang berada di Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar. Seperti pantai-pantai lainnya di wilayah itu, pantai tersebut sangat terpencil, sehingga mengeksplorasinya membutuhkan usaha dan sedikit jiwa petualang. Tapi, begitu tiba di lokasi, kalian akan tahu kalau semua upaya telah terbayar lunas.

Pantai Momong memang belum banyak diketahui orang. Tak heran kalau alamnya masih perawan dan lautnya masih biru jernih. Pantai indah ini juga bisa terlihat dari Pantai Lampuuk, tersembunyi di balik karang di sebelah kanan, dekat penginapan Joel’s Bungalow.

Bagaimana cara menuju Pantai Momong?

Penginapan Joel’s Bungalow menjadi patokan untuk mencapai Momong. Sebelum gerbang masuk penginapan, kalian harus mengarahkan sepeda motor menuju jalan setapak yang ada di sebelah kanan, yang mengarah kepada Pantai Momong. Jika memakai mobil, kalian harus memarkirnya dekat penginapan.

Letak pantai itu tersembunyi dan akses menuju pantai ini bisa dibilang agak sulit. hanya kendaraan roda dua yang bisa masuk sebatas pagar kebun penduduk. Dari tempat penghentian terakhir sepeda motor, kalian juga masih harus melewati jalan sejauh 500 meter menuju Momong.

Jalan setapak yang kamu lewati bersisian dengan perkebunan penduduk, dan akan licin ketika hujan. Setelah meninggalkan jalan ini, kalian harus mendaki bukit kecil dan melalui kanopi pepohonan dari hutan hujan yang cukup lebat. Di sini, kamu sudah bisa mendengar suara ombak bedebur di kejauhan.

Ketika mencapai ujung hutan tropis, nampaknya seluruh perjuangan akan terbayar. Bibir pantai Momong menyajikan pemandangan pantai pasir putih yang luar biasa indah, dengan lautan yang sangat biru, dengan latar belakang langit dan bebatuan karang.

Sayangnya, kalian nggak bisa berenang di pantai ini karena dipenuhi batu karang besar. Namun banyak pemancing yang memilih tempat indah ini untuk menyalurkan hobby mereka. Kalian juga pastinya akan mendapat foto-foto keren di pantai ini.

Jadi kalau nanti kalian berlibur ke Aceh, jangan lupa mampir ke Pantai Momong ya!

Menuju Pantai Momong dari Banda Aceh

Dari Banda Aceh, Pantai Momong berjarak 30 menit perjalanan. Trip bisa dimukai Jalan Elang di Banda Aceh, di mana kalian harus mengambil arah ke JalanTeuku Umar di Sukaramai (lewat Jalan Aladin Mansyursyah). Dari Jalan Cut Nyak Dhien, ambil arah menuju Seubun Keutapang, lalu ambil arah menuju Meunasah Balee hingga terlihat penginapan Joel’s Bungalow.


Sumber : arieyamani.blogspot.co.id

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya