Mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) Berjaya di ASEAN SKILL COMPETITION (ASC) 2016

Posted at 2016-10-09 23:00:00 on SEPUTAR KAMPUS by Redaksi
Foto: pens.ac.id

Mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) berhasil menjadi juara di ASEAN Skills Competition (ASC) XI tahun 2016, yang diselenggarakan pada 21-29 September 2016 lalu, di Malaysia Agro Exposition Serdang (MAEPS) Kuala Lumpur, Malaysia. Andy Yuniawan dan Eko Mustofa mahasiswa prodi D4 Teknik Mekatronika ini menjadi juara di kategori Mobile Robotic.

ASC merupakan agenda tahunan yang pesertanya adalah negara-negara ASEAN dengan tema yang mengadopsi kebutuhan industri. Kedua mahasiswa PENS tersebut menampilkan robot FESTO untuk menyelesaikan misi yang dibagi dalam tiga jenis rintangan selama tiga hari perlombaan.

Pertandingan di hari pertama bertema ASEAN Economic Community, di mana robot dituntut dapat bergerak secara tepat dan sekuensial untuk memindahkan dan menjatuhkan sebuah obyek yang telah disiapkan secara acak di dalam lapangan.

Tema kedua, Twin Towers Go Green, dengan misi utama yaitu memindahkan pohon-pohon sesuai dengan lokasi yang telah disiapkan. Tema ketiga,  Material Handling Management, dengan misi utama memindahkan obyek berbagai bentuk dan warna ke dalam kotak yang telah diberi warna.

Tim Indonesia berhasil memecahkan rekor waktu tercepat di misi pertama dan kedua, dengan catatan waktu di bawah 4 menit. Sementara di misi ketiga tim sempat gagal dan belum memperoleh nilai sempurna seperti di dua misi sebelumnya. Namun demikian, mereka tetap keluar sebagai juara.

Semoga di ajang tahun berikutnya tim PENS dapat kembali mengukir prestasi. Kemenangan ini tentu membawa inspirasi bagi mahasiswa-mahasiswa lain untuk unjuk kemampuan di ajang berbagai internasional.

 

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya