Serba-serbi Kuliah di Norwegia yang Kalian Perlu Tahu

Posted at 2017-06-20 08:00:00 on SEPUTAR KAMPUS by Redaksi
Foto : Shutterstock

Norwegia adalah negara yang penuh daya tarik. Seolah tak tersentuh hingar bingar turisme Eropa, negara ini mampu mempertahankan keindahan alamnya, yang mempesona dengan pegunungan dan gletser-gletser. Negara indah ini juga memiliki julukan the Land of the Midnight Sun, karena pada musim-musim tertentu—berkat letaknya di bagian Bumi utara—matahari tak pernah tenggelam sepanjang hari.

Selain alamnya yang masih perawan, Norwegia juga memiliki banyak situs bersejarah. Kalian yang tertarik dengan budaya bangsa Viking pasti akan terpuaskan di sini, karena bisa melihat langsung kapal peninggalan orang Viking yang legendaris dan tak terkalahkan di lautan. Selain itu, ada gereja-gereja abad pertengahan dengan arsitekturnya yang artistik, di tengah panorama indah Norwegia.

Selain keindahan alam dan budaya, iklim Norwegia cukup bervariasi. Bagian selatan negara ini cukup hangat, dan lahan berhutannya cocok dijadikan pertanian. Daerah selatan juga memiliki pantai-pantai. Di bagian utara yang dekat dengan Samudera Arktik, iklimnya dingin dan penduduknya lebih sedikit. Selain itu, ada Kepulauan Svalbard yang terkenal, dengan barisan singa laut dan beruang kutub berjemur di atas es yang berkilauan tertimpa cahaya matahari.

Karena keindahannya, tak heran jika banyak anak muda yang tertarik melanjutkan pendidikannya di Norwegia.

Pendidikan Tinggi di Norwegia

Jika di Amerika Serikat ada MIT, di Indonesia ada ITB, maka Norwegia terkenal dengan Norwegian University of Science and Technology (NTNU). Kampus bergengsi ini merupakan pusat pendidikan dan penelitian berbasis sains dan teknologi, yang menjadi idaman para mahasiswa di negara tersebut, bahkan mahasiswa dari luar negeri. Selain berbagai jurusan yang berhubungan dengan sains dan teknologi, NTNU juga terkenal dengan jurusan ilmu humaniora, kedokteran, sosial, seni, dan arsitektur. Kampus ini pun telah berhubungan dengan banyak instansi pendidikan di seluruh dunia.

Peneliti di NTNU aktif dalam lebih dari 2.000 proyek per tahunnya. Kampus ini juga menjadi tuan rumah bagi 20 hingga 30 konferensi sains setiap tahun. Untuk menghubungkan antara akademisi dan profesional, universitas yang memiliki kampus di Trondheim, Gjøvik dan Ålesund ini juga bekerjasama dengan dua lembaga penelitian, Grup SINTEF dan Allforsk.

Selain itu, NTNU juga menjalin kerjasama dengan berbagai organisasi dan perusahaan dari berbagai industri. Mereka memiliki kontrak penelitian dan program pendidikan yang melibatkan berbagai perusahaan internasional, seperti ElfTotalFina, Shell, Verbundnetz Gas, BP Amoco, Alcatel, dan ABB. Lulusannya dijamin mudah mendapat pekerjaan.

Selain NTNU, Norwegia juga punya The University of Oslo Norwegia, yang juga menjadi favorit di negara ini. Oslo, yang merupakan “melting pot” di Norwegia karena keragaman budayanya, juga memiliki banyak universitas favorit lainnya, seperti Norwegian School of Sports Sciences, Norwegia Academy of Music, BI Norwegian Business School, Oslo University College dan Norwegian University of Life Sciences.

Oslo juga merupakan kota yang nyaman untuk ditinggali, karena memiliki kombinasi pesona kota metropolitan yang masih memiliki alam yang indah. Di Oslo, terdapat banyak museum, galeri, kafe, konservatori, dan wisata alam seperti hiking, berenang di danau air tawar, ski, dan ice skating.

Kuliah di Norwegia

Norwegia memiliki tujuh universitas terakreditasi, sembilan institusi terspesialisasi yang terakreditasi, 22 university college, dua national college of arts dan beberapa institusi pendidikan tinggi swasta dengan akreditasi institusional atau akreditasi program.

Syarat untuk bisa kuliah di Norwegia tak terlalu sulit. Semua mahasiswa atau calon mahasiswa yang berencana tinggal di Norwegia selama lebih dari tiga bulan membutuhkan ijin tinggal siswa. Visa hanya dikeluarkan untuk masa tinggal hingga 90 hari.

Sebagai calon mahasiswa dari luar Eropa, untuk mendapatkan izin tinggal, kalian harus menyerahkan aplikasi permohonan izin kuliah ke Norwegian Foreign Mission. Dalam beberapa kasus, kalian mungkin akan dipanggil untuk wawancara.

Ada biaya pemrosesan untuk setiap aplikasi yang dibuat dari luar negeri yang harus dibayarkan ke Norwegian Foreign Mission. Karena nilai tukar dan kondisi administrasi setempat, biaya ini mungkin berbeda-beda di masing-masing negara. Kalian bisa menghubungi langsung Norwegian Foreign Mission untuk menanyakan biayanya sebelum mengajukan permohonan. Jangan lupa siapkan paspor kalian. Cek di laman ini untuk keterangan lebih lanjut.

Untuk mendaftar kuliah di Norwegia, kalian perlu mengajukan aplikasi GSU-list (sebelumnya disebut SIS list), yaitu kompilasi informasi spesifik terkait negara pendaftar, yang menyatakan tingkat pendidikan yang perlu dipenuhi pelamar untuk mendaftar ke pendidikan tinggi Norwegia, termasuk persyaratan mengenai kemampuan berbahasa Inggris. Untuk jurusan yang bahasa pengantarnya adalah bahasa Norwegia, kemampuan bahasa Norwegia juga diperlukan.

Untuk mendaftar ke jenjang sarjana alias S1, persyaratan umumnya adalah harus lulus SMA di negara asal yang setara dengan SMA di Norwegia. Karena perbedaan standar, bisa jadi kalian harus melanjutkan “sekolah menengah” selama satu tahun sebelum kuliah S1 di negara tersebut.

Untuk jenjang magister alias S2, persyaratan pendaftaran diputuskan oleh masing-masing perguruan tinggi dan universitas berdasarkan evaluasi akademis para pemohon.

Pelamar untuk program Magister biasanya memperoleh gelar sarjana (Bachelor) atau setara dengan kuliah minimal 3 tahun. Pendidikan sarjana tersebut harus mencakup 1,5 tahun kuliah yang relevan dengan jurusan S2 yang diambil.

Beberapa instansi dan kampus di Norwegia juga sering membuka lowongan beasiswa. Rajin-rajin cari info ya!


Sumber : studyinnorway.no

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya