5 Tips Memangkas Berat Badan yang Naik Setelah Lebaran

Posted at 2017-07-06 12:02:00 on PENGEMBANGAN DIRI by Redaksi
Foto : Shutterstock

Nggak kerasa, bulan Ramadan sudah berlalu dan libur Lebaran pun sudah usai. Gimana guys, berapa banyak dari kalian yang jarum di timbangannya bergeser drastis ke kanan? Momen-momen Lebaran memang paling susah deh nahan yang namanya nafsu makan. Setelah puasa sebulan, tiba-tiba berbagai makanan enak—rendang, opor ayam, sayur godog, sambal goreng kentang, dan ketupat—tersedia melimpah di hadapan. Belum lagi kue-kue kering dan kue basahnya. Wah lengkap deh!

Tenang aja, wajar koq kalau habis lebaran berat badan naik dan lingkar pinggang membesar. Nah, supaya nggak mengganggu kesehatan, mungkin kalian ingin kembali menurunkan berat badan, supaya lebih fit saat memulai aktivitas di kampus atau tempat kerja. Berikut beberapa tips yang mudah-mudahan bisa bermanfaat.

Kontrol asupan kalori

Setelah puas makan kue dan sajian lebaran, kali ini kalian bisa memasuki control mode, yakni mengontrol jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Jangan sampai kalori yang masuk melebihi jumlah kebutuhan harian, kalau bisa malah kurang dari jumlah tersebut. Jumlah kebutuhan kalori per hari berbeda bagi masing-masing orang.

Sebagai contoh, wanita berusia 19-29 tahun dengan berat badan 54 kilogram dan tinggi 159 sentimeter membutuhkan energi 2250 kkal per hari, sementara laki-laki berusia 19-29 tahun dengan berat badan 60 kilogram dan tinggi 168 sentimeter membutuhkan energi 2725 kkal per hari. Kebutuhan ini juga bergantung pada aktivitas harian kalian. Lihat tautan ini untuk mengetahui cara menghitungnya.

Makan dalam porsi kecil

Untuk mengontrol kalori, salah satunya adalah dengan makan dalam porsi kecil, menggunakan piring kecil. Kalau masih lapar, sebelum dan sesudah makan coba minum segelas air putih dan tunggu sejenak, karena otak butuh waktu untuk mengirim sinyak kenyang.

Batasi ngemil

Ngemil memang nikmat, tapi jika ingin menurunkan berat badan, kalian harus bisa membatasinya. Hindari menonton TV dengan sekantong besar keripik kentang, karena kalian secara tidak sadar bisa memasukkan ratusan kalori sekaligus. Kalau ingin keripik kentang atau kue kering, misalnya, lebih baik ambil secukupnya dalam piring kecil, habiskan perlahan, dan jangan mencari alasan untuk nambah.

Olahraga

Cara cepat dan sehat untuk menurunkan berat badan dan kembali fit tentu saja dengan berolah raga. Selain itu, olahraga juga bisa membuang racun dalam tubuh dan meningkatkat mood, membuat kalian happy seharian. Kalau nggak jadi member di gym, kalian bisa tetap olahraga, seperti lari muter komplek, berenang, atau jalan cepat, paling tidak dua kali seminggu.

Perbanyak minum

(photo via shutterstock)_5

Air putih sangat bermanfaat untuk membuat badan tetap langsing, karena tubuh seringkali menerjemahkan sinyal “haus” sebagai “lapar” dan membuat kalian makan lebih banyak. Dengan minum banyak air putih, selain sehat, kalian juga akan terjaga pola makannya. Selain air putih, kalian juga bisa minum air kelapa murni tanpa gula yang sangat baik untuk menghidrasi tubuh, dan merupakan sumber serat.


Sumber : hellosehat.com

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya