Apa Itu Bela Negara, dan Mengapa Konsep Tersebut Penting

Posted at 2017-08-20 10:46:00 on ARTIKEL by Redaksi
Photo via Stocksnap

Kalian tentu sudah sering dengar istilah “bela negara.” Sebetulnya apa sih yang dimaksud bela negara? Apakah harus berjuang mengangkat senjata? Untuk memahaminya, kali ini kita bahas ya tentang konsep yang ternyata juga dianut di banyak negara ini.

Bela negara adalah konsep yang didefinisikan dengan undang-undang atau keputusan petinggi negara tentang patriotisme seorang individu, kelompok, atau komponen lain dari suatu negara. Tujuannya adalah mempertahankan eksistensi dan kedaulatan negara tersebut. Artinya bisa dua, fiik dan non-fisik.

Secara fisik, bela negara artinya mempertahankan negara dari serangan fisik atau agresi pihak luar, yang mengancam eksistensi atau keberlangsungan negara tersebut. Jadi misalnya Indonesia diserang oleh bangsa lain, konsep bela negara mengatakan warga negara Indonesia harus angkat senjata melawan penyerang demi melindungi keberlangsungan negara Indonesia.

Secara non-fisik, konsep bela negara dideskripsikan sebagai upaya untuk memajukan bangsa dan negara, baik melalui pendidikan, kerja sosial, peningkatan moral, ataupun upaya peningkatan kesejahteraan warga negara yang lain.

Aplikasi konsep bela negara adalah wajib militer. Subyek dari aplikasi ini adalah personil militer atau warga negara lainnya yang memenuhi syarat. Yang menerapkan konsep wajib militer antara lain Israel, Iran, dan Singapura, yang mewajibkan warganya mengikuti wajib militer kecuali mereka yang memiliki keterbatasan seperti penyakit/cacat fisik atau mental, atau keyakinan agama. Bagi negara yang sistem pertahanannya sepenuhnya dilayani oleh militer (seperti Indonesia), biasanya tidak memerlukan wajib militer dari warga sipil, kecuali pada masa-masa krisis atau perang berkepanjangan.

Di beberapa negara, seperti Amerika Serikat, Jerman, Spanyol dan Inggris, bela negara diaplikasikan dalam bentuk pelatihan militer, biasanya sekali di akhir pekan dalam sebulan. Mereka yang mengikuti pelatihan militer bisa melakukannya sebagai individu ataupun resimen, seperti Tentara Teritorial Britania Raya di Inggris. Pada beberapa kasus, milisi (militia) atau tentara rakyat bisa menjadi bagian dari pasukan cadangan, seperti yang ada di Amerika Serikat, yakni The National Guard of the United States. Pasukan cadangan ini biasanya dipersiapkan untuk mengjadapi situasi tak terduga, atau sebagai tambahan untuk memperkuat pertahanan negara.

Di negara lain seperti China dan Taiwan, Korea Selatan, juga Israel, menjalani wajib militer wajib untuk beberapa tahun setelah seseorang menyelesaikan dinas nasional.

Konsep Bela Negara di Indonesia

Sekarang sudah paham kan bela negara itu definisi dan aplikasinya seperti apa? Bagaimana kalau di Indonesia? Sebagai WNI, bagaimana kita diharapkan untuk menjalankan konsep bela negara?

Di Indonesia, bela negara adalah sikap dan perilaku kita yang dilandasi oleh kecintaan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), yang diatur dengan Pancasila dan UUD ’45. Mengaplikasikan konsep bela negara berarti kita mencintai dan membela Indonesia, serta menjaga kelangsungan hidup bangsa dan negara yang seutuhnya dengan cara menghindari perilaku yang merusak tatanan negara. Selain itu, bela negara berarti kita mempertahankan Indonesia dari pengaruh negatif dari negara-negara asing, baik secara fisik maupun non-fisik.

Para pendahulu kita yang dahulu memperjuangkan kemerdekaan Indonesia menuangkan konsep bela negara dalam salah satu poin tujuan nasional, yaitu “Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia.”

Aplikasi bela negara di Indonesia bisa dilakukan dengan mencintai tanah air, melestarikan budaya Indonesia, menghargai karya anak bangsa, yakin dengan Pancasila, mencintai produk dalam negeri, menaati hukum Indonesia, dan memperkaya diri dengan ilmu pengetahuan untuk membela bangsa Indonesia.

Bagaimana, sudah jelas kan sekarang, bela negara itu apa maksudnya?


Sumber : Wikipedia

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya