Memahami Pendidikan di Barat: Apa Bedanya Community College dan Universitas?

Posted at 2017-08-30 10:46:00 on SEPUTAR KAMPUS by Redaksi
Foto : Shutterstock

Sistem pendidikan tinggi di Indonesia selepas masa sekolah menengah (SMA) memang hanya terdiri atas akademi (diploma) dan universitas (sarjana). Namun lain halnya dengan di luar negeri, khususnya negara-negara barat. Kalau kalian ada rencana untuk studi ke salah satu negara barat, ada baiknya kalian memahaminya juga.

Di Amerika Serikat misalnya, setelah lulus SMA, orang perlu mencari college atau universitas untuk melanjutkan pendidikan tinggi agar bisa mengembangkan karier. Namun sayangnya, biaya kuliah di universitas cenderung mahal, sehingga banyak mahasiswa yang berhutang besar kepada kampus dan harus membayarnya ketika mereka bekerja, dengan sistem cicilan (disebut student loan). Pilihan lainnya adalah masuk community college, yang lebih dekat, murah, namun dianggap kurang bergengsi.

Pilihan antara universitas dan community college telah menjadi dilema bagi banyak calon mahasiswa di AS. Buat kita yang tinggal di luar AS, mungkin nggak memahami perbedaannya. Tapi perbedaan memang cukup membuat calon mahasiswa di sana galau.

Community College

Kurangnya jumlah universitas di semua kota dan wilayah di AS, serta biaya pendidikan di universitas yang tinggi, menginspirasi pendirian pusat pendidikan tinggi yang disebut community college (perguruan tinggi komunitas) pada abad ke-20. Ini adalah pusat pendidikan dalam skala yang lebih kecil yang didirikan untuk membawa pendidikan lebih dekat kepada calon mahasiswa (perlu diingat, banyak orang di AS tak langsung kuliah selepas SMA. Banyak dari mereka baru berkuliah setelah beberapa tahun bekerja).

Community college memberikan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan tinggi yang disesuaikan dengan kebutuhan calon mahasiswa. Alasan mengapa institusi ini disebut community college adalah karena mereka dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat (mahasiswa) setempat, tanpa mengharuskan mahasiswa pergi dan tinggal tempat-tempat yang jauh dari kota asal mereka.

Ada banyak jurusan yang ditawarkan di perguruan tinggi komunitas ini, yang mengarah pada sertifikat, diploma dan bahkan gelar associate. Bahkan ada fasilitas untuk mentransfer kredit (mata kuliah yang sudah pernah diambil) dari community college untuk diperhitungkan di perguruan tinggi atau universitas, ketika seorang siswa ingin pindah dan mendapatkan gelar dari perguruan tinggi atau universitas.

Siswa bergabung dengan community college karena berbagai alasan, yang terpenting adalah biayanya yang murah. Mempelajari dan mendapatkan sertifikat dari community college jauh lebih murah daripada mengikuti perkuliahan tingkat sarjana di perguruan tinggi atau universitas. Community college juga populer di kalangan orang dewasa (yang sudah lama lulus dari SMA) yang karena alasan tertentu (anak atau pekerjaan, misalnya) tidak dapat menghadiri kuliah reguler di universitas.

Salah satu keuntungan terbesar dari community college adalah karena lokasinya yang dekat dengan tempat tinggal mahasiswa, dan mereka tak perly meninggalkan pekerjaan atau tempat tinggalnya untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Keuntungan lain terletak pada kesempatan untuk mempelajari mata kuliah yang tidak tersedia di universitas dan siap memulai pekerjaan setelah selesainya kuliah seperti keperawatan, teknisi, dan sebagainya.

Universitas

Kampus Universitas Princeton di Amerika Serikat (Photo via Shutterstock - Pete Spiro)

Kata universitas berasal dari kata Latin yang secara harfiah diterjemahkan ke dalam komunitas guru dan ilmuwan. Universitas saat ini merupakan pusat studi tinggi yang juga merupakan tempat penelitian. Universitas memungkinkan orang untuk mendapatkan gelar sarjana dan bahkan magister di bidang studi pilihan mereka.

Mahasiswa juga bisa mengikuti program kuliah di tingkat doktor untuk mendapatkan gelar doktor dalam mata pelajaran pilihan mereka seperti hukum, kedokteran, sains, seni, atau teknik. Bahkan ada universitas kedokteran dimana siswa memperoleh gelar medis di tingkat sarjana, serta tingkat doktor.

Universitas adalah tempat subur untuk mengembangkan semua jenis penelitian dalam mata pelajaran yang berbeda. Jurusan-jurusan di universitas sangat populer di kalangan mahasiswa, karena jurusan-jurusan tersebut diterima secara luas di berbagai industri, membuat mereka memenuhi syarat untuk mendapatkan pekerjaan segera setelah menyelesaikan prorgam sarjana, master, atau doktoralnya.

Apa bedanya Community College dan Universitas?

Community college adalah pusat pendidikan tinggi yang mengisi tempat kosong bagi siswa yang entah mengapa tidak bisa pergi ke universitas untuk menempuh pendidikan tinggi.

Orang dewasa yang belum menyelesaikan studi mereka  di tingkat yang lebih tinggi dapat mengikuti perkuliahan di community college sambil bekerja atau mengurus keluarga. Tidak seperti universitas yang umumnya berada jauh dari tempat tinggal dan mengharuskan mereka untuk pindah atau tinggal di asrama.

Community college mengeluarkan sertifikat, diploma, dan gelar tingkat associate sedangkan universitas menawarkan program kuliah empat hingga lima tahun, yang memiliki nilai dan penerimaan lebih tinggi di berbagai industri.

Community college berada di tempat yang dekat dengan rumah dan tidak membuat mahasiswanya harus tinggal di asrama atau menyewa apartemen di dekatnya.

Universitas berada di kota-kota besar dan umumnya mengharuskan siswa untuk tinggal di asrama kampus atau apartemen dekat kampus.

Seseorang bisa mendapatkan gelar sarjana, magister, dan doktor di universitas dan juga melakukan penelitian, sedangkan di community college tak ada gelar seperti itu, dan tak ada kesempatan untuk melakukan penelitian.

Community college fleksibel dan memungkinkan seseorang untuk mengikuti pendidikan khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka.

Community college terbukti lebih murah daripada universitas.

Mereka yang ingin memulai pekerjaan segera setelah menyelesaikan kursus dapat menempuh pendidikan di community college, bukan universitas.

Selain universitas dan community college, sistem pendidikan tinggi di negara-negara barat juga mengenal Liberal Arts College dan TAFE. Nah lho, apalagi itu ya?


Sumber : differencebetween.com

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya