Kalian Mahasiswa yang Mau Mulai Blogging? Baca Dulu 8 Tips Penting Ini!

Posted at 2017-09-14 19:00:00 on ARTIKEL by Yudi Kobo
Foto : Shutterstock

Waktu kuliah adalah waktu terbaik untuk memulai blog kalian, karena pada periode ini kalian bisa punya waktu senggang yang maksimal, dan alih-alih menghabiskan waktu di Facebook, Instagram, atau main game, kalian bisa mulai membangun blog.

Selain itu, membuat blog bisa membantu meningkatkan kepribadian kalian, dan pada saat lulus dari perguruan tinggi, blog kalian bisa jadi menghasilkan pendapatan yang lumayan. Lumayan kan, sebelum masuk dunia kerja, sudah menghasilkan uang.

Ada banyak mahasiswa yang menghabiskan siang dan malam untuk memenuhi hasrat mereka untuk nge-blog. Sayangnya, sebagian besar mahasiswa jadi sering membolos dari kelas mereka, dan menghabiskan waktu berharga mereka untuk meneliti dan menulis artikel. Kebiasaan ini akhirnya mempengaruhi kinerja akademis mereka secara keseluruhan. Nggak mau kan nilai kuliah jeblok gara-gara nge-blog? Tapi mau juga kan punya blog yang keren, informatif, dan punya banyak pembaca setia?

Berikut adalah beberapa tips bagi mereka untuk menjaga keseimbangan antara College dan blogging.

  1. Tetap rajin masuk kuliah

Memang benar bahwa blogging bisa memberi keasyikan dan uang, tapi kalian harus menerima kenyataan bahwa gelar adalah hal yang paling berharga bagi mahasiswa manapun. Perusahaan menilai kalian (awalnya) dari kinerja akademis, bukan dari pengalaman blogging. Jadi jangan pernah mengabaikan studi kalian. Menghadiri semua kelas dan mempertahankan keseimbangan antara blogging dan kuliah.

  1. Buat jadwal yang terukur

Buatlah tabel waktu dan tentukan waktu yang sesuai untuk kalian nge-blog. Jangan jadi sering begadang hanya untuk melakukan riset untuk tulisan di blog. Ini akan mempengaruhi jadwal kalian. Cobalah untuk menyelesaikan pekerjaan dan pergi tidur sebelum tengah malam. Tidur minimal 6-7 jam.

  1. Tentukan berapa banyak waktu yang didedikasikan untuk nge-blog

Waktu untuk ngeblog benar-benar tergantung pada waktu kuliah kalian. Jika kuliah selesai pada pukul 5:00 sore, maka kalian punya tujuh jam untuk blogging dan belajar. Cobalah untuk menciptakan keseimbangan antara kedua pekerjaan ini. Keduanya perlu. Patuhilah jadwal yang kalian buat sendiri.

  1. Beritahu teman-teman dan keluarga tentang blog kalian

Cobalah untuk memberitahu semua orang tentang pekerjaan kalian, supaya popularitas blog naik. Bisa juga ikut forum online dan berbagai postingan blog di sana. Berikan alamat blog kalian ke teman dan mintalah mereka untuk membaca blog dan tinggalkan komentar.

  1. Kalau bisa carilah kerja paruh waktu

Di perguruan tinggi banyak mahasiswa mengambil pekerjaan paruh waktu, atau mungkin freelance (kerja lepas). Tapi blogging adalah pekerjaan paruh waktu yang disukai dan ini memberi kalian lebih banyak penghasilan daripada pekerjaan paruh waktu lainnya. Cobalah untuk mencari kesempatan di beberapa startup dan tunjukkan kemampuan menulis kalian kepada mereka. Mungkin bisa berteman dan menghubungi langsung para pendiri startup via Linkedin? Kalian dapat dengan mudah mendapatkan pekerjaan jika kalian adalah seorang penulis yang efisien.

  1. Ikut komunitas

Cobalah untuk belajar dari beberapa orang terkenal di bidang kalian, baik secara langsung atau tidak. Hadiri pelatihan blogging, acara jumpa blogger dan lain-lain yang diselenggarakan oleh berbagai komunitas blogger di kota kalian. Daftarlah di salah satu acara ini dan kalian pun bisa belajar dan banyak berdiskusi tentang blogging. Selain itu, kalian juga bisa meminta bantuan dan saran tentang nge-blog dengan para pakarnya.

  1. Buat blog kalian berguna

Kalau blog isinya hanya curhatan atau seperti online diary sih biasa aja. Blogging adalah “ajang pamer” kemampuan dan pemikiran dari mahasiswa. Kalian bisa menjadi terkenal di antara teman dengan menunjukkan kemampuan blogging, misalnya meneliti berbagai artikel niche dan menulis tentang hasilnya di blog, atau menceritakan pengalaman ketika melakukan sesuatu yang masih jarang dilakukan orang. Cobalah untuk memecahkan berbagai masalah teknis yang sering dialami di lingkungan kampus melalui blog kalian.

  1. Baca blog-blog terkait bidang kalian

Jika kalian seorang mahasiswa Ilmu Komputer maka kalian bisa membaca blog yang berhubungan dengan kuliah kaliah. Begitu juga jika kalian mahasiswa seni, pertambangan, sastra, jurnalistik, dan sebagainya, rajin membaca blog yang berhubungan dengan kuliah kemungkinan bisa membantu kalian memahami materi kuliah juga.

Bagaimana kawan, sudah siap memulai blog yang super keren?


Sumber : shoutmeloud.com

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya