Sinergi Kampus Bela Negara 2017

Posted at 2017-09-30 10:12:00 on SEPUTAR KAMPUS by Yudi Kobo

Geografis Indonesia diantara dua benua dan dua samudera menjadikan Indonesia berada di posisi strategis karena berada dijalur perdagangan dan pelayaran internasioanal. Keadaan ini menjadikan Indonesia rentan terhadap sengketa perbatasan dan ancaman keamanan. Menghadapi ancaman kedaulatan negara diperlukan strategi penangkal berupa hard power (perang) dan softpower (diplomatik).

Seiring dengan perkembangan jaman, kemajuan teknologi, dan pesatnya arus globalisasi berimplikasi pada perkembangan peperangan modern dalam bentuk Asymetric Warfare dan Proxy War maupun ancaman non militer lainnya seperti korupsi, narkoba, radikalisme dan terorisme. Segala bentuk ancaman tersebut perlu dihadapi oleh seluruh komponen bangsa, antaralain peran serta Perguruan Tinggi dalam bentuk smartpower.

Keberadaan lembaga-lembaga pendidikan tinggi di Indonesia diharapkan mampu menjadi Kawah Candradimuka bagi calon-calon intelektual, generasi penerus berkualitas dan pemimpin bangsa yang sanggup menjadi penangkal segala bentuk ancaman. Pentingnya peningkatan pemahaman cinta tanah air, pembelaan dan pengawalan terhadap NKRI serta Pembangunan Nasional oleh masyarakat terdidik, menjadikan Bela Negara sebagai nilai-nilai yang perlu ditanamkan dan dikembangkan di setiap perguruan tinggi Indonesia.

Untuk membuktikan bela negara tidak hanya semangat diatas kertas, Kampus Bela Negara UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) menginisiasi program Sinergi Kampus Bela Negara Indonesia (SKBNI) 2017. Program SKBNI 2017 bertujuan mengajak seluruh lembaga pendidikan tinggi di Indonesia untuk bersama melakukan refleksi pengembangan dan implementasi nilai-nilai bela negara.

Sinergi dilaksanakan dengan metode pengisian kuisioner secara online pada laman http://belanegara.upnyk.ac.id/, serta akan dinilai oleh Dewan Juri berdasarkan indikator, bobot dan nilai yang ditentukan. Pemeringkatan kampus bela Negara akan dilaksankan secara Nasional sebagai salah satu tolak ukur implementasi bela Negara di lingkungan akademisi.

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya