Mahasiswa, Ayo Belajar Investasi Cerdas

Posted at 2017-10-24 14:56:00 on SEPUTAR KAMPUS by Lucia Yuriko
Dok. Cozer

Kemajuan jaman menuntut masyarakat semakin cerdas. Sayangnya, muncul berbagai fenomena sosial yang meresahkan. Salah satunya adalah investasi bodong yang semakin merajalela. Tipe penipuan ini mengajak para investor untuk menanamkan modal kecil dengan iming-iming uang kembali berlipat ganda. Dari sekian banyak korban, beberapa ternyata dari kalangan mahasiswa. Sebagai generasi yang melek pendidikan, mahasiswa dituntut lebih cerdas dan aktif dalam memilih di mana uangnya akan disimpan.

Himpunan Mahasiswa Ekonomi Pembanguan (HIMASEPA) UPN Veteran Yogyakarta mengadakan Seminar Nasional Investasi Saham, Jumat (20/10/2917 di Ruang Seminar FISIP. Acara ini diikuti oleh mahasiswa baik dari UPN maupun luar kampus.

“Jadilah konsumen yang cerdas. Simpan uang di bank, investasi di Pasar Modal, pastikan dana pensiun, dan investasi logam mulia di Pegadaian. Cerdas berarti mengenali kebutuhan Anda dan tahu manfaat produk, pahami risikonya, dan mengerti hak dan kewajiban anda,” ujar Fathy Pariaungan Harahap, Kepala Sub Bagian Pengawasan Pasar Modal. Hadir juga bersama beliau, pembicara dari PT. Bursa Efek Indonesia dan Danareksa.

Pertanyaan datang dari Sisilia, mahasiswa UIN Suka, mengenai penyebab masih adanya program investasi bodong yang diminati masyarakat. Hal ini rupanya karena masyarakat Indonesia masih mudah tergiur dan ingin cepat kaya. “Masyarakat kita kalau untung diam saja. Kalau rugi baru ribut lapor. OJK baru bisa bergerak jika ada laporan. Untuk mencegah timbulnya korban, seharusnya masyarakat lebih teliti” jawab Fathy.

Diharapkan selepas acara ini, ada implementasi lanjutan dari peserta. “Yang penting adalah bagaimana tindak lanjutnya setelah acara ini,” ujar I Ketut Name M.Si, ketua jurusan Ekonomi Pembangunan. (Lucia Yuriko)

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya